Sampah di dalam Kantong Mudahkan Petugas Kebersihan

Senin, 06 Juli 2015, 13:48 WIB | News | Kota Padang
Sampah di dalam Kantong Mudahkan Petugas Kebersihan
Wako Padang, Mahyeldi didampingi Afrizal Khaidir (Kepala DKP) menyalami petugas kebersihan di Kota Padang, usai menyerahkan secara simbolis THR, Kamis (2/7/2015) di RTH Imam Bonjol. (Humas Pemko Padang)

VALORAnews - Kota Padang terus berbenah dalam hal kebersihan. Setelah Peraturan Daerah (Perda) tentang pengelolaan sampah diberlakukan, Kota Padang semakin bersih. Namun begitu, Walikota Padang mengimbau seluruh masyarakat, untuk membuang sampah pada tempatnya dengan baik.

"Selama ini sebagian masyarakat kita di tempat penumpukan sampah kadang berserak. Untuk itu mari kita masukan sampah ke dalam karung," imbau Wako Padang, Mahyeldi, Kamis (2/7/2015) di RTH Imam Bonjol.

Mahyeldi mengimbau seluruh perangkat pemerintah mulai dari Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), lurah hingga camat, untuk selalu mengingatkan warga agar sampah ditaruh di dalam kantong, sehingga petugas akan lebih cepat dan mudah dalam bekerja.

"Saat ini kita juga turunkan tim, 12 becak motor sampah kita siapkan sehingga bisa dilakukan sweeping. Ketika ada sampah yang teronggok, dibersihkan. Sehingga Padang setiap jamnya selalu bersih," terang Mahyeldi.

Baca juga: Festival Budaya Marandang Minangkabau 2024, Gubernur: Jangan Hanya Tahu Lezat, Tak Tahu Membuatnya

Wako juga mengajak seluruh masyarakat dan juga petugas kebersihan, saling bahu membahu dalam membersihkan Kota Padang. Sebab, dalam tahun ini cukup banyak agenda berskala internasional yang diadakan di Padang.

Di antaranya yakni Tour de Singkarak (TdS), KTT Indian Ocean Rim Association (IORA), dan lainnya. Sehingga Padang diharapkan benar-benar bersih dari sampah saat kegiatan itu berlangsung. Menurut Mahyeldi, sebenarnya Padang masih kekurangan armada dalam membersihkan sampah kota.

Pada saat Pemko Padang meluncurkan Perda tentang pengelolaan sampah, terangnya, dulunya ada warga Padang yang ingin menyumbangkan satu unit mobil sebagai operasional bagi DKP. Akan tetapi sayangnya penyumbang itu lebih dulu meninggal dunia.

"Untuk itu jika ada yang ingin menyumbangkan mobil atau kendaraan lain, silahkan. Karena ini akan lebih bermanfaat bagi masyarakat," ujar Mahyeldi. (vri)

Baca juga: Ketua DPRD Padang 2024-2029 Diemban Muharlion, Wakil Ketua Dijabat Mastilizal Aye, Osman Ayub dan Jupri

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: