Wagub Sumbar Tutup Gebyar Pendidikan Sumatera Barat: Pendidikan Karakter jadi Benteng Kelestarian Budaya Bangsa

Sabtu, 18 November 2017, 19:18 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Wagub Sumbar Tutup Gebyar Pendidikan Sumatera Barat: Pendidikan Karakter jadi Benteng...
Wagub Sumbar, Nasrul Abit melihat karya siswa SMK yang dipajang pada Gebyar Pendidikan Sumatera Barat, Sabtu (18/11/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Menciptakan generasi muda yang cerdas, kreatif dan inovatif merupakan tugas bersama, baik dalam ruang pendidikan formal maupun pendidikan informal. Peran orang tua dan lingkungan tempat tinggal juga menentukan.

"Pendidikan bagi generasi muda kita tidak terlepas dari tanggung jawab orang tua, guru, masyarakat dan pemerintah," ungkap Wagub Sumbar, Nasrul Abit saat menutup Gebyar Pendidikan Sumatera Barat, Sabtu (18/11/2017).

Nasrul Abit menambahkan, memajukan pendidikan bagi generasi emas Indonesia, sebuah keharusan yang penting dalam meningkatkan daya saing bangsa, guna menghadapi globalisasi informasi, pasar bebas dan tantangan serta ancaman pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan tatanan budaya dan kepribadian masyarakat. Itu semua jadi bagian tak terpisahkan dari proses pembelajaran pendidikan itu sendiri.

"Pendidikan karakter menjadi hal yang penting dalam menyiapkan, mental, kepribadian dan jati diri anak bangsa yang beretika, bermoral dan berdedikasi tinggi dalam menjaga kelestarian budaya bangsa dan negara," ungkap Nasrul Abit.

Baca juga: Mahyeldi Imami Shalat Jenazah Nasrul Abit hingga Pimpin Prosesi Penguburan di Air Haji

Dijelaskan Nasrul Abit, dalam meningkatkan daya saing bangsa, pendidikan juga mesti menyiapkan generasi muda yang terampil dalam berbagai bidang pembangunan dan lapangan pekerjaan.

Adanya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah untuk menyiapkan tenaga kerja generasi muda yang terampil dan siap pakai dalam pasar kerja.

"Hari ini kita telah melihat kemajuan karya-karya siswa SMK kita, dalam pameran gebyar pendidikan ini. Kita berharap, semua itu memerlukan peningkatan setiap waktu. Pengembangan diri dalam pendidikan tidak ada batasnya," terangnya.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang dapat mengikuti perubahan dan semangat perubahan sebagai motivasi kemajuan bangsa, sebagai upaya mewujudkan cita cita bangsa, sesuai pembukaan UUD 1945 menyejahterakan rakyat Indonesia," tambahnya.

Baca juga: Hakim MK Putuskan Nasrul Abit-Indra Catri Tak Bisa Buktikan Sangkaan ke Paslon 04

"Kita berharap pendidikan di Sumatera Barat terus berbenah, meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan kepada generasi muda Sumbar dengan sasaran utama saat ini, bagaimana siswa-siswa SMA Sumbar, sebanyak-banyak diterima di perguruan tinggi favorit nasional."

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: