Bapelitbang Gelar FGD Lembah Harau Mendunia 2017-2021

Jumat, 10 November 2017, 16:27 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Daerah Kabupaten Limapuluh Kota, menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penyusunan rencana aksi daerah Lembah Harau Mendunia 2017-2021. Acara ini berlangsung di ruang rapat Bapelitbang Limapuluh Kota, baru-baru ini.

Acara ini dipimpin Kepala Bapelitbang Limapuluh Kota, Widya Putra, diikuti perwakilan dari OPD terkait. Dalam acara ini, Bapelitbang juga menghadirkan narasumber dari Balai KSDA Provinsi Sumbar.

Widya Putra mengatakan, FGD ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi rencana aksi antar OPD terkait untuk pengkajian, menggali serta pengembangan potensi-potensi wisata yang ada di Lembah Harau.

"Lembah Harau sangat kaya dengan potensi wisata alamnya dan perlu ada rencana aksi untuk mengembangkannya supaya wisatawan lokal maupun asing lebih banyak berkunjung. Jadi melalui kegiatan ini semoga nanti adanya pengkajian dan penggalian terhadap potensi wisata yang ada di Lembah harau oleh tiap OPD yang terkait," ujar Widya.

Baca juga: Wakanda Taram; Potret Objek Wisata Berbasis CBT di Sumatera Barat, Beromset Rp2 Miliar per Tahun

Dikatakan, setelah kegiatan ini, akan disimpulkan langkah-langkah apa saja nantinya yang akan diambil dalam rencana aksi mengelola serta mengembangkan objek wisata Lembah Harau.

"Hasil diskusi antar OPD ini, nantinya akan disimpulkan dan akan dijadikan bahan acuan kedepan untuk menggali dan meningkatkan potensi yang terdapat di Lembah Harau serta akan dijadikan bahan untuk konsultasi ke masyarakat di lingkungan Lembah Harau," sambungnya.

Sementara, M Syakib Syidqi, narasumber dikegiatan itu menjelaskan, untuk meningkatkan dan mengembangkan daya tarik objek wisata Lembah Harau, perlu komitmen bersama dan koordinasi antar OPD terkait untuk memajukan dan menggali potensi wisata yang ada.

"Masing-masing OPD terkait, harus bersinergi satu sama lain untuk menggali semua objek yang ada di Lembah Harau," ujar Syakib.

Baca juga: JEMBATAN WISATA PANTAI CAROCOK, Damel: Proses Lelang Sudah Sesuai Aturan

Menurutnya, untuk meningkatkan minat wisatawan lokal ataupun mancanegara, Pemkab Limapuluh Kota juga perlu melakukan pengembangan potensi wisata yang ada di Lembah Harau dengan cara menggandeng investor dan pengusaha. (rls/kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: