10 Ribu Bibit Ikan Dibagikan Pemkab Solsel

Rabu, 01 November 2017, 09:02 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
10 Ribu Bibit Ikan Dibagikan Pemkab Solsel
Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman melakukan penebaran bibit ikan disalah satu kelompok budi daya ikan di Sungai Lambai. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Namun, tentu kita berikan pembelajaran dulu bagi kelompok pembudidaya ini bagaimana cara melakukan pengasapan ini. Dalam mendukung target yang telah ditetapkan, kita harapkelompok masyarakat atau organisasi sosial yang ada di Solsel, supaya mengajukan permohonan kepada Dinas terkait untuk mendapatkan bantuan serupa," pungkasnya.

Senada, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Solsel, Del Irwan mengatakan, selain melakukan penyebaran bibit ikan pihaknya juga telah punya upaya jitu, dalam mencapai target penyebaran tersebut. Upaya itu sendiri, katanya, bisa memperbanyak memberikan bibit ke masyarakat, memperbanyak penebaran benih ikan di sungai dan di kolom nagari.

"Untuk hal ini, kalau bisa tiap nagari punya lubuk ikan larangan seperti di Jorong Pinang Sinawa Nagari Luak Kapau kecamatan Pauh Duo," ujarnya.

Baca juga: Kelompok Masyarakat Payakumbuh akan Terima Bibit Ikan dan Sapi, Supardi: Hibah ini Berkonsekwensi Hukum

Selain itu, sambungnya, DKPP Solsel juga akan melakukan program Minapadi, artinya program selingan penanaman padi sambil disebar bibit ikan secara langsung. Kemudian memperbanyak Unit Pembenihan Rakyat (UPR).

"Sekarang, kita juga melakukan pembinaan kepada beberapa UPR di sini. Pembinaannya sendiri juga diikuti pemberian bantuan pengindukan ke mereka. Hal ini dilakukan, sebab luasnya wilayah Solsel maka dengan adanya UPR akan sangat membantu target kita," ujarnya.

Dengan kondisi ikan yang selama ini dipasok dari Maninjau untuk Solsel, lanjut Del Irwan, tujuan penetapan target supaya Solsel ke depannya bisa memasok ikan lokal. Bahkan, dengan polemik beberapa daerah pemasok ikan yang kerap mengalami kegagalan sebab tercemarnya air, maka bukan tidak mungkin Solsel nantinya juga menjelma menjadi salah satu daerah pemasok jika target tercapai.

"Target program BBI dua juta bibit, akan dikembangkan di dua tempat yakni BBI Pakan Selasa dan Bariang serta tiap tahun akan kita lakukan. Anggap saja, kemungkinan gagal atau tidak berhasil tumbuh sekitar 20 persen, maka 80 persen bisa kita dinikmati," paparnya. (rls)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: