PKK Solsel Juarai Lomba Cipta Menu Tingkat Provinsi

Senin, 02 Oktober 2017, 20:53 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
PKK Solsel Juarai Lomba Cipta Menu Tingkat Provinsi
Kontingen PKK Solsel, foto bersama dengan walikota Sawahlunto dan pemenang lomba pangan lokal di ajang HPS ke-37 tingkat provinsi Sumbar di Sawahlunto, Minggu (1/10/2017). (humas)

VALORAnews - Kontingen Solok Selatan berhasil meraih juara pertama untuk jenis lomba pengolahan pangan lokal dan juara harapan 1 untuk lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Berimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Sumber Daya Lokal diajang Hari Pangan Sedunia, ke-37 tingkat Sumatera Barat, yang dilaksanakan di lapangan Salatiga Ombilin Kota Sawahlunto, Minggu (1/10/2017).

Kabid Ketahanan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan Solsel, Lusi Susanti didampingi Ketua Pokja III TP PKK Solsel, Ny Yus Jon Kapi kepada wartawan menjelaskan, berhasilnya Solok Selatan meraih juara pertama pada lomba pengolahan pangan lokal dengan jenis menu yang diolah Susi dan kawan-kawan itu, menampilkan menu Getuk Orange Purple, Puding Jagung Bolu Lapis Wortel dan Root Pastel Saus Markisa.

Sedangkan Kadis Ketahan Pangan Solsel, Del Irwan mengapresiasi keberhasilan Solsel diajang HPS ke-37 tingkat Sumbar di Sawahlunto ini, berkat kerjasama Tim Penggerak PKK Kabupaten Solok Selatan dengan dinas yang dipimpinnya.

"Sejak dilakukannya kerjasama dalam bentuk kesepakatan kerja, antara Dinas Ketahanan Ketahan Pangan Solsel dengan TP-KK Solok Selatan pada Pencanagan HKG PKK awal tahun lalu, telah banyak program yang berkaitan pembangunan ketahanan pangan masyarakat yang telah berbuah hasil untuk mendukung kesejahteraan masyarakat di kabupaten berjuluk Sarantau Sasurambi ini," kata Del Irwan.

Baca juga: Bukittinggi Gelar HKG PKK Tahun 2024, Ini Pesan Wali Kota

Kedepan, diharapankan lebih banyak lagi kabolorasi program antara PKK dan Dinas Ketahanan Pangan dalam rangka membangun semangat kemandirian masyarakat untuk mewujudkan ketahanan pangan melalui usaha pertanian yang dilakukan masyarakat.

Sementara, Ketua TP-PKK Solsel, Hj Suriati Muzni, mengucapkan bangga dan salut pada kontingen Solok Selatan yang telah mampu membawa nama baik Solok Selatan di ajang HPS ke-37 Tingkat Provinsi Sumbar tahun ini.

"Sukses lomba Pangan Lokal ini hendaknya dapat dipertahankan dan ditingkatkan lebih baik lagi," katanya.

Sedangkan untuk lomba B2SA, meski baru meraih peringat harapan pertama, namun telah membawa banyak arti untuk PKK Solok Selatan tahun ini. Artinya, berkah prestasi yang diraih untuk lomba tahun ini tidak terlepas dari kebersamaan dan kekompakan tim dari PKK dan Ketahanan Pangan Solsel, sehingga dua nomor pada ajang lomba kali ini mampu diraih kontingen Solsel.

Baca juga: Bupati Agam dan Ketua TP PKK Hadiri Pawai Alegoris dengan Busana Adat Koto Gadang

"Sisi penting dari kegiatan ini tentu dapat pula menjadi tolak ukur PKK dalam melakukan kegiatan sosialisasi pada masyarakat Solsel untuk dapat menyediakan menu yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman dalam makanan sehari-hari dengan memanfaatkan potensi sumber daya lokal di Solok Selatan," jelasnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: