Investasi Kepariwisataan di Padang Capai Puluhan Miliar, Medi: PAD Ditarget 70 M

Rabu, 20 September 2017, 16:10 WIB | Olahraga | Kota Padang
Investasi Kepariwisataan di Padang Capai Puluhan Miliar, Medi: PAD Ditarget 70 M
Ilustrasi.

VALORAnews - Ada yang berbeda dengan wajah Kota Padang dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini. Objek wisata di Kota Padang yang dulunya kurang diminati wisatawan, kini telah jadi primadona. Jika tak percaya, lihat saja Pantai Padang, Pantai Air Manis, Batang Arau dan lainnya.

Mulai cantik dan tertatanya wajah Kota Padang berkat kesungguhan dan keseriusan Pemerintah Kota Padang. Termasuk dukungan masyarakat untuk menjadikan daerahnya sebagai tujuan kunjungan orang banyak.

Dukungan melalui dana APBD Kota Padang digelontorkan setiap tahun. Seperti tahun ini saja, lebih kurang Rp40 miliar dialokasikan untuk sektor pariwisata, pembangunan sarana penunjang kepariwisataan dan lainnya.

"Dana APBD dialokasikan di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Pekerjaan Umum, serta Dinas Permukiman Perumahan dan Pertanahan," ungkap Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Medi Iswandi, Selasa (19/9/2017).

Baca juga: Dinas Pariwisata Latih Pengelola Desa Wisata Sumbar, Ini Arahan Mahyeldi

Seluruh dana itu, digunakan untuk mempercantik Kota Padang dan menunjang kepariwisataan. Seperti pembangunan kawasan pedestrian mulai dari kawasan pusat perbelanjaan (Pasar Raya, dan jalan M. Yamin) menuju Pantai Padang.

Kemudian, pembangunan pedestrian di GOR H. Agus Salim untuk sport tourism. Pedestrian di Pantai Padang serta pembangunan taman dan parkir di Pantai Air Manis. "Termasuk juga pembangunan tagline raksasa di Gunung Padang," tambah Medi.

Tidak itu saja, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat juga mendukung penuh dengan membangun Convention Hall dengan anggaran Rp22 miliar di Bukit Lampu, Bungus. Convention Hall ini dalam rangka penyediaan sarana wisata MICE di Padang.

Dukungan Pemprov Sumbar juga semakin nyata dengan pembangunan Gedung Budaya yang digunakan untuk pertunjukan dan event di wilayah Pantai Padang. Total anggarannya pun mencapai Rp300 miliar yang dikerjakan multiyears.

Baca juga: Sosper No 1 Tahun 2020, Imral Adenansi Jelaskan Kewajiban Pemerintah Daerah di Pariwisata Halal

Tidak itu saja. Dukungan dari Pemerintah Pusat pun, juga turut mendukung pariwisata di Kota Padang. Buktinya, dana APBN yang cukup besar digelontorkan sebesar Rp10 miliar. Dana DAK dari APBN ini untuk pembangunan plaza/panggung budaya di Pantai Cimpago, yang dilaksanakan Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: