JK Sebut Sumbar Mulai Kekurangan Ulama, Ini Tanggapan Mahyeldi

Senin, 17 Juli 2017, 21:35 WIB | Kuliner | Nasional
JK Sebut Sumbar Mulai Kekurangan Ulama, Ini Tanggapan Mahyeldi
Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo menyambut kedatangan Wapres RI, HM Jusuf Kalla, saat kunjungan kerja ke Kota Padang, Sabtu (15/7/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Wakil Presiden, Jusuf Kalla menilai, Sumatera Barat dulunya merupakan gudangnya ulama. Masjid-masjid di Jakarta pada umumnya diisi oleh ulama asal Sumatera Barat.

Seiring perkembangan zaman, kondisi itu telah berubah. Menurut JK saat berkunjung ke Padang, Sabtu (15/7/2017), Sumatera Barat telah mulai kekurangan ulama. Menurutnya, dulu dari 10 ulama yang ada, delapan di antaranya berasal dari Sumatera Barat. Tetapi kini tidak lagi, justru banyak berasal dari daerah lain.

Apa yang disampaikan Jusuf Kalla mendapat tanggapan dari warga Sumatera Barat. Walikota Padang, H Mahyeldi Dt Marajo yang juga seorang buya ini menyebut, apa yang disampaikan Jusuf Kalla mesti disadari oleh seluruh masyarakat Sumatera Barat.

"Ini harus kita sadari," kata Mahyeldi, Sabtu itu.

Baca juga: Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra, Sumbar Cetak Hattrick

Hemat Mahyeldi, agar pamor Sumatera Barat sebagai gudang ulama tetap terjaga, perlu adanya perhatian sejumlah pihak. Terutama dengan mendorong generasi muda untuk terus memperdalam ilmu agama. "Termasuk mendorong sekolah-sekolah maupun pesantren," ucapnya.

Mahyeldi menilai, Sumatera Barat mesti serius dalam menyelamatkan generasi muda saat ini. Seluruh guru, orangtua dan tokoh masyarakat harus peduli dengan generasi muda. "Seperti memproteksi generasi muda dari hal yang merusak," papar Mahyeldi.

Upaya ini telah dilakukan Pemerintah Kota Padang sejak jauh-jauh hari. Pelaksanaan Pesantren Ramadan terus digalakkan. Sehingga kenakalan remaja dapat terus menurun.

"Berdasarkan data kepolisian, dengan adanya Pesantren Ramadhan, tawuran hilang," sebut Mahyeldi. (rls/vri)

Baca juga: Ini Harapan Gubernur Sumbar pada Peringatan Harhubnas 2024

Warga Agar Tetap Jaga Kebersihan

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: