UMKM Solsel akan Hadiri Indonesian Weekend and Join Business di London

Minggu, 16 Juli 2017, 17:26 WIB | Olahraga | Kab. Solok Selatan
UMKM Solsel akan Hadiri Indonesian Weekend and Join Business di London
Kepala BPOM Sumbar, Zulkifli, berdialog dengan petani tebu saat melakukan kunjungannya ke Minang Palm Sugar, terkait mutu produksi Palm Sugar Sabtu (15/7/2017). (humas)

VALORAnews - Air nira yang berasal dari pohon aren, yang biasanya jadi bahan untuk pembuatan tuak ternyata bisa dimanfaatkan untuk produksi gula aren yang sekarang banyak diminati pasar, baik dalam maupun luar negeri. Di Solok Selatan sendiri, banyak terdapat potensi ribuan pohon aren yang bisa dimanfaatkan untuk itu.

"Berdasarkan data yang kami rangkum di lapangan, terdapat 3103 batang pohon aren di 3 kecamatan, yakni KPGD, Sungai Pagu dan Pauh Duo. Jumlah ini belum termasuk pohon aren yang berada di 4 kecamatan lainnya di Solok Selatan," terang Pimpinan UMKM Minang Palm Sugar yang berada Kecamatan KPGD, Solsel, Efendi Muharram.

Menurutnya, satu pohon itu bisa menghasilkan 15-20 liter/hari, bahkan bisa lebih dan akan terus berproduksi hingga 4-5 tahun kedepannya, dengan harga sekarang Rp4 ribu/liter.

"Terdapat 4 aspek yang bisa dikembangkan dalam produksi gula aren ini yakni Aspek Pemberdayaan ekonomi masyarakat, Aspek Lingkungan, Aspek Kesehatan serta aspek Sosial Keagamaan," katanya.

Baca juga: 400 Pelaku UMKM Pariaman dan Padang Pariaman Ikuti Pelatihan Digital Marketing, Ini Harapan Muhammad Ridwan

Poin-poin tersebut di atas disampaikan ketika menerima kunjungan Kepala BPOM Sumbar, Zulkifli dan jajarannya, Asisten I Setdakab Solsel Fidel Efendi, Asisten II Epli Rahmat dan OPD terkait serta puluhan petani aren di aula Kantor Camat Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), Sabtu (15/7/17).

"Insya Allah produk aren kita di Solok Selatan melalui UMKM Minang Palm Sugar akan ikut serta dalam acara Indonesian Weekend and Join Business yang dilaksanakan di Potters Field Park London, 21-23 Juli 2017," ujarnya

Kegiatan tersebut dilaksanakan KBRI London yang didukung Kementerian Pariwisata, Pendidikan dan kebudayaan, Perindustrian dan Koperasi UMKM Republik Indonesia

Kedatangan rombongan BP POM sendiri, dimaksudkan untuk memastikan standar kebersihan proses pembuatan produk gula aren ini. "Karna produk ini akan dibawa keluar negeri mewakili Indonesia, maka kita ingin langsung melakukan pemeriksaan ke lapangan," ujar Zulkifli.

Baca juga: NAGARI SAGO SALIDO Gelar Pelatihan Aplikasi Canva ke UMKM

Asisten II Setdakab Solsel, H Epli Rahmat, dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan terima kasih dari Pemkab Solsel atas kerja keras yang dilakukan UMKM Minang Palm Sugar.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: