FISIP Unand Gagas Pendirian Training Center

Kamis, 18 Mei 2017, 21:20 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
FISIP Unand Gagas Pendirian Training Center
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unand, Alfan Miko, saat memberikan sambutan pada Dies Natalis yang ke-24, Rabu (17/5/2017). (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pimpinan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unand bersama civitas akademika lainnya, merencanakan akan menggagas FISIP Training Center, usai Dies Natalis yang ke-24 tahun 2017 ini. Lembaga ini diharapkan akan membawa dampak positif bagi kehidupan civitas akademika sekaligus bagi masyarakat luas.

"FISIP training center ini nantinya memiliki internal goal dan external goal. Kehadiran lembaga ini diharapkan bisa membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas SDM serta pembangunan sistem birokrasi dan administrasi yang lebih baik," ungkap Dekan FISIP Unand, Alfan Miko, di Padang, Kamis (18/5/2017).

Dikatakan Alfan Miko, internal goal itu terkait pemberian dukungan ke arah peningkatan kualitas akademik dosen dan mahasiswa. Sementara, external goal, berkelindan dengan upaya membantu pemerintahan daerah dalam meningkatkan kualitas sumber daya, dengan mengikuti berbagai pelatihan aplikatif yang disusun oleh enam program studi (prodi) yang dimiliki FISIP.

"Kita di FISIP memiliki banyak akademisi dengan kualifikasi di bidang pelatihan sumber daya manusia," terangnya.

Baca juga: 110 Mahasiswa FISIP Unes Studi Lapangan ke DPRD Sumbar, Pelajari Teori dalam Dimensi Praktek

"Tim FISIP juga siap diturunkan untuk membantu pengembangan nagari pascadiberlakukannya UU Desa. Seperti, menyusun RPJM Nagari, pendampingan penyusunan BUMNag, pelatihan penyusunan LAKIP, penyusunan SOP atau reformasi Birokrasi di tingkat nagari," tambah Alfan Miko, pakar perubahan sosial dan sosiologi keluarga ini.

Di samping itu, terangnya, FISIP juga senantiasa mendorong dan meningkatkan produktifitas dan atmosfir akademik. Caranya, melalui penerbitan buku, pelatihan penulisan artikel untuk jurnal internasional, menerbitkan jurnal Prodi serta meningkatkan kualitas pembelajaran sebagai upaya meningkatkan quality of output.

"Saat ini, FISIP tengah mendorong dinamisasi kehidupan kemahasiswaan yang lebih kreatif dan inovatif. Alhamdulillah, hal ini telah dirasakan dampaknya. Itu ditandai dengan cukup banyaknya mahasiswa FISIP yang jadi juara kompetisi atau debat diberbagai iven nasional," ungkapnya sembari menyebut, mahasiswa berprestasi nomor 1 tingkat Unand dari fakultas yang dipimpinnya.

Baca juga: 9 Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik Unand Akhiri Program MBKM di DPRD Sumbar

"Kualitas sumber daya dosen dan kultur akademik, juga sudah jauh membaik. Bukitnya, dosen FISIP banyak membantu diberbagai kegiatan di Sumatera Barat. Salah satu dosen FISIP yang sangat membanggakan, Yuliandre Darwis, jadi Ketua Komisi Penyiaran Indonesia," tambahnya. (kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: