Koperasi Saudagar Minang Raya Didirikan di Jakarta

Jumat, 28 April 2017, 21:17 WIB | Olahraga | Provinsi Sumatera Barat
Koperasi Saudagar Minang Raya Didirikan di Jakarta
Menteri Koperasi dan UMKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, meninjau stand di Festival Kuliner Minang, usai peresmian koperasi Saudagar Minang Raya (SMR) di Jakarta, kemarin. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Negeri ini patut menjadi salah satu rujukan dalam membangun perekonomian rakyat untuk kesejahteraan sosial melalui semangat kooperatif dengan bersatu untuk kepentingan bersama," katanya.

Anggota koperasi pada awalnya berasal dari perkumpulan Saudagar Global Minang (SGM) yang bersepakat mendirikan koperasi dan badan-badan usaha koperasi. Sebagian besar mereka, menjadi anggota kelompok pendiri pertama, selebihnya anggota biasa dan bergabungnya anggota baru menjadikan koperasi ini makin kuat.

"Target satu juta anggota koperasi, Insya Allah tercapai berasal dari keluarga dan kerabat Minang, termasuk anggota luar biasa yang berniat memajukan gerakan koperasi," tambahnya.

Baca juga: Gubernur Buka Festival Urang Minang Baralek Gadang II, Ini Pesannya

Pembentukan koperasi dimulai 25 Desember 2016 dihadiri lebih 20 orang anggota pendiri dan menyepakati rapat anggota pada 15 Januari 2017. "Visi Koperasi SMR yaitu koperasi yang kuat dan maju pada skala nasional, regional dan global untuk ranah dan rantau," ungkap Fashbir.

Koperasi SMR Diresmikan Menteri

Sementara, Menteri Koperasi dan UMKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, menyatakan, keberadaan koperasi UMKM sangat memberikan pengaruh terhadap pemerataan perekonomian masyarakat.

Ia menilai, pertumbuhan perekonomian bisa saja dibentukdengan cepat, tapi pemerataan perekonomian membutuhkan tekat dan usaha yang kuat secara bersama-sama untuk melakukannya. "Untuk itu saya pesankan, untuk menuju koperasi berkualitas itu perbanyak anggota bukan koperasinya," jelasnya.

Terkait hal itu, Agung menilai, langkah para saudagar-saudagar minang di Jakarta sudah memperlihatkan eksistensinya dalam membangun negeri.

Menurutnya, dari 61 juta UMKM diseluruh Indonesia sumbangsih pelaku usaha dari masyarakat Minang cukup memberikan andil yang besar dalam meningkatkan pemerataan perekonomian Indonesia. (rls/ham)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024