Pasukan Jam Sapuluah, Joway Kenalkan Genre Minang Punk Rock

Sabtu, 31 Agustus 2024, 23:52 WIB | Gaya Hidup | Provinsi Sumatera Barat
Pasukan Jam Sapuluah, Joway Kenalkan Genre Minang Punk Rock
Tangkapan layar klip lagu Minang Punk Rock, Pasukan Jam Sapuluah, yang dibawakan Joway.
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (31/8/2024) - Dunia musik Sumatera Barat, tiba-tiba dihebohkan dengan kehadiran pendatang baru yang mengusung musik dan tema lagu yang tak lazim dari kebanyakan lagu Minang.

Joway, demikian nama yang dilambungkan oleh lagu berjudul "Pasukan Jam Sapuluah" ini.

Dari postingan di salah satu akun sosial media pemberita di Sumbar, dikatakan bahwa Joway menciptakan dan menyanyikan langsung "pasukan jam sapuluah".

Apa yang membuat lagu ini berbeda?

Pertama adalah musik yang dimainkan. Jika umumnya lagu minang mengusung genre pop, "Pasukan Jam Sapuluah" malah bergenre rock, tepatnya punk rock.

Lewat wawancara via DM melalui akun instagramnya @jowaysong, Joway menjelaskan, musiknya terinspirasi dari musik punk yang sering diusung band-band Inggris, untuk kalangan subculture skinhead.

"Musiknya keras, tapi cenderung simple sebenarnya. Beatnya bersemangat, tapi sebenarnya alunan ritmisnya sangat santai," kata pria yang juga mengaku seorang ilustrator komik ini.

Terkait tema yang "tak lazim," Joway menegaskan, itu memang pilihannya.

"Saya sadar bahwa ini tidak gampang. Orang sudah terbiasa dengan lagu Minang yang umumnya bertema cinta."

"Saya mencoba menghadirkan yang berbeda, karena saya yakin daya ungkap bahasa Minang sangat cocok pula untuk tema-tema sosial, salah satunya tentang dunia pekerja yang disampaikan pada lagu pasukan jam sapuluah," katanya.

Tidak hanya dunia pekerja, Joway juga sudah membocorkan lagu barunya di akun instagramnya yang bertema kecintaan terhadap sebuah klub bola.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: