Ribuan Masyarakat Ikuti Parade Makan Bajamba

Selasa, 20 Desember 2016, 19:12 WIB | News | Kota Bukittinggi
Ribuan Masyarakat Ikuti Parade Makan Bajamba
Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias makan bajamba bersama Ketua DPRD, Kajari dan tokoh masyarakat, dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota, Selasa (20/12/2016). Makan bajamba ini digelar di pelataran Jam Gadang. (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Keinginan Walikota Bukittinggi, H Ramlan Nurmatias untuk membawa kemeriahan prosesi makan bajamba dalam rangka Hari Jadi Kota pada seluruh masyarakat kota berjuluk Jam Gadang terwujud.

Hal itu terbukti dari ribuan masyarakat yang memadati pelataran Jam Gadang untuk turut menikmati parade dan hidangan jamba, Selasa (20/12/2016). Tepat pukul 09.30 WIB, arak-arakan manjujuang jamba dari 24 kelurahan di lepas Wakil Walikota H Irwandi dari Lapangan Wirabraja.

Rombongan ini disambut H Ramlan Nurmatias di pelataran Jam Gadang. Lebih dari 300 jamba dihidang pada acara yang turut dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekdako Yuen Karnova, mantan walikota H Djufri dan Ismet Amzis, niniak mamak, bundo kanduang, tokoh masyarakat, kepala BUMN, SKPD dan undangan lainnya.

Tidak hanya diramaikan warga kota, prosesi ini juga jadi magnet bagi para wisatawan untuk turut makan bersama hidangan jamba yang telah disediakan. Beberapa wisatawan mancanegara pun terlihat turut menyantap kuliner khas kurai yang dihidangkan, dengan tata cara yang khas tersebut.

Baca juga: 1.030 Guru Non PNS Bukittinggi Dibayarkan Iuran BPJS Ketenagakerjaan

Pada sambutannya, Ramlan mengapresiasi seluruh pihak yang telah berpartisipasi memeriahkan alek nagari makan bajamba. Terutama pada BUMN, hotel, restoran yang turut menyumbang hidangan untuk dinikmati masyarakat serta para wisatawan. Ke depan, Ramlan berharap, acara ini akan lebih besar dan jadi kalender iven wisata Sumatera Barat. Yang terpenting juga dihadiri wisatawan baik lokal ataupun mancanegara.

Menurut Ramlan, Hari Jadi Kota Bukittinggi miliki seluruh masyarakat, bukan hanya segelintir orang. Dengan alasan tersebutlah prosesi makan bajamba yang saat ini diselenggarakan untuk kelima kalinya berubah jadi konsep out door. Begitu juga dengan rangkaian acara peringatan HJK lainnya.

"Bukittinggi milik kita bersama, untuk itu mari kita bangun kebersamaan untuk membangun kota yang kita cintai ini," ajak Ramlan.

Dikatakan Ramlan, makan bajamba adalah budaya Nagari Minangkabau yang akan terus jadi agenda rutin tahunan kota pariwisata Bukittinggi. "Kita sengaja menampilkan kebudayaan makan bajamba ini dipelataran Jam gadang. Kita sekalian mengekspos kepada pengunjung kota bahwa inilah kebiasaan yang beradat ditampilkan orang Kurai," terangnya.

Baca juga: Siswi SMAN 2 Bukittinggi Wakili Sumbar di Ajang Jambore Kreativitas Genre Tingkat Nasional

"Ini disediakan oleh Bundo Kanduang dari 24 kelurahan. Ada ratusan jamba yang disediakan. Kita sangat bangga, dan sangat mensyukuri bisa bersama-sama dengan warga kota merayakan ulang tahun kota ini," ungkapnya. (rls/ham)

.

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: