Ramlan jadi Inspektur Upacara HBN

Senin, 19 Desember 2016, 20:21 WIB | News | Kota Padang Panjang
Ramlan jadi Inspektur Upacara HBN
Wako Bukittinggi, Ramlan Nurmatias menyerahkan plang Kampung Siaga Bencana pada Ketua KSB Kelurahan Belakang Balok, Syamsuardi, usai upacara peringatan Hari Bela Negara di Lapangan Wirabraja, Senin (19/12/2016). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Peringatan Hari Bela Negara di Kota Bukittinggi, diwarnai dengan upacara bendera di Lapangan Wirabraja, Senin (19/12/2016). Walikota Bukittinggi, H Ramlan Nurmatias bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Pada upacara itu, Ramlan membacakan amanat Presiden Joko Widodo. Dikatakan, saat ini tantangan terhadap kedaulatan bangsa, telah berkembang secara fisik dan non fisik. Untuk menghadapinya dibutuhkan konsep bela negara yang bersifat multidimensi.

"Tantangan besar dalam sejarah adalah mempertahankan kedaulatan bangsa di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi serta berkepribadian di bidang kebudayaan," ungkap Ramlan membacakan amanat presiden.

Untuk itu, Ramlan mengajak masyarakat untuk membangun keinsyafan bersama sebagai bentuk kekuatan rakyat. Dengan kekuatan tersebut, seluruh ancaman dan tantangan akan dapat diatasi. "Itulah esensi dari sistem pertahanan rakyat semesta yang telah terbukti dalam sejarah," ungkapnya.

Baca juga: PKS Sumbar: Pasangan Ramlan Nurmatias-Ibnu Azis Tinggal Menunggu Jadwal Pendaftaran ke KPU Bukittinggi

Upacara ini turut dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Tokoh Masyarakat, Angkatan 45, SKPD, Kepala Sekolah dan undangan lainnya.

Dituturkan Ramlan, semangat bela negara saat ini dapat dilakukan dengan mengajak seluruh masyarakat untuk aktif dan peduli terhadap program pemerintah dan pembangunan manusia. "Kita bersama memiliki tugas untuk meningkatkan kesejahteraan, kesehatan dan kualitas masyarakat secara keseluruhan," pungkasnya.

Pada upacara tersebut juga dibacakan sinopsis peristiwa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) 19 Desember 1948 serta ikrar bela negara yang berisi lima janji sebagai warga negara yang senantiasa menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa.

Diakhir acara, Ramlan menyerahkan secara simbolis plang nama Kampung Siaga Bencana (KSB) kepada Ketua KSB Kelurahan Belakang Balok, Syamsuardi. KSB Blaba beranggotakan 24 orang dan bertujuan untuk meningkatkan penanganan bencana yang terjadi. (rls/ham)

Baca juga: Deri Asta Terpilih Aklamasi Pimpin Pordasi Sumatera Barat

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024