Tiga Sekolah di Padang Raih Adiwiyata Nasional 2016

Rabu, 14 Desember 2016, 01:34 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Tiga Sekolah di Padang Raih Adiwiyata Nasional 2016
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya Bakar memberikan penghargaan Adiwiyata 2016 kepada 489 Kepsek se-Indonesia, Selasa (13/12/2016). Tiga di antaranya, merupakan kepala sekolah dari Kota Padang. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya Bakar mengucapkan selamat kepada para kepala sekolah (Kepsek) yang menerima penghargaan Adiwiyata (sekolah berbasis lingkungan hidup) tingkat Nasional 2016.

Acara penyerahan penghargaan Adiwiyata Nasional 2016 yang digelar di Auditorium Manggala Wahana Bhakti Kementerian LHK, Selasa (13/12/2016) itu, juga dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Prof Muhajir Effendy, Sarwono Kusuma Atmaja (mantan Menteri Lingkungan Hidup) dan sejumlah pejabat terkait serta sebanyak 489 Kepsek penerima Adiwiyata Nasional 2016 se-Indonesia.

Tiga di antaranya merupakan Kepsek dari Kota Padang. Yakni, Kepala SDN 08 Surau Gadang Kecamatan Nanggalo, Raudhati, Kepala SMPN 31 Padang Kecamatan Padang Timur, Mardawati dan Kepala SMAN 14 Padang, Suherman.

"Program Adiwiyata adalah program pemerintah dalam rangka pelaksanaan pendidikan lingkungan yang telah dirintis sejak 1978. Bertujuan untuk mewujudkan warga sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, yang dilaksanakan di tingkat kabupaten/kota/provinsi dan nasional," ungkap Siti Nurbaya dalam sambutannya.

Baca juga: Granat Sumbar: Gerakan Anti Narkoba Layak Masuk Kurikulum Muatan Lokal di Setiap Satuan Pendidikan

"Kita bergembira bahwa tadi, bapak menteri pendidikan memberikan perspektif yang luas tentang pendidikan, tentang lingkungan dan ini akan memberikan kembali evaluasi kita untuk peningkatan yang akan datang. Tidak hanya dalam jumlah yang harus hadir sebagai sekolah cinta lingkungan, tetapi juga dalam kualitas sebagaimana yang diharapkan bapak menteri pendidikan," sambungnya.

Menurut Siti Nurbaya, komunitas pendidikan atau dunia pendidikan adalah kelompok hutan. Maksudnya, kelompok besar yang mempunyai peran sangat strategis dalam mewujudkan perubahan di suatu negara.

Apalagi sekarang sedang terjadi perubahan iklim di dunia. Indonesia sudah sepakat untuk ikut melakukan pengendalian perubahan iklim tersebut. Yang ternyata unsur-unsurnya merupakan hal-hal yang melekat di dalam kehidupan sehari-hari.

"Jadi, memperbaiki lingkungan identik dengan melakukan perubahan gaya hidup atau life style. Oleh sebab itu, sekali lagi kami mengucapkan selamat kepada sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata Nasional tahun ini," kata Siti Nurbaya.

Baca juga: 10 Anak Terlibat Peredaran Narkoba di Padang Selang 3 Bulan Terakhir

Sebelumnya, Menteri Pendidikan, Prof Muhajir Effendy mengaku, mendukung program pendidikan berbasis lingkungan yang diselenggarakan Kementerian LHK dan sudah jadi program rutin tiap tahun secara nasional.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: