Tiga Sekolah di Padang Raih Adiwiyata Nasional 2016

Rabu, 14 Desember 2016, 01:34 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Tiga Sekolah di Padang Raih Adiwiyata Nasional 2016
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya Bakar memberikan penghargaan Adiwiyata 2016 kepada 489 Kepsek se-Indonesia, Selasa (13/12/2016). Tiga di antaranya, merupakan kepala sekolah dari Kota Padang. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Muhajir sengaja mengutip salah satu ayat al Quran, dimana manusia diciptakan sebagai wakil Tuhan di muka bumi ini. Artinya, manusia punya tanggung jawab untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan di muka bumi.

"Sebenarnya, protes malaikat kepada tuhan ketika manusia akan dijadikan khalifah (pemimpin) di muka bumi seperti yang disampaikan dalam surat Al Baqarah itu punya makna tersirat. Maksudnya, kekhawatiran malaikat bahwa manusia itu hanya jadi perusak dan akan menumpahkan darah di muka bumi," terangnya.

"Ini harus kita jawab dengan tindakan positif. Karena merusak dan membunuh merupakan sisi buruk yang dimiliki oleh manusia. Oleh sebab itu, mari kita buang sisi buruk tersebut dan kita amalkan sisi baik yang dimiliki manusia. Yakni, menjaga kelestarian lingkungan dan saling menghormati sesama makhluk hidup," tambah Muhajir mengingatkan.

Baca juga: DPRD Padang Sahkan Peraturan Tata Tertib dan 4 Pimpinan Defenitif

Ke depan, dia berharap, tidak hanya beberapa sekolah saja yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata, namun harus semua sekolah di Indonesia. Sebab, menjaga kelestarian lingkungan hidup itu merupakan tanggung jawab seluruh warga negara.

Pada kesempatan itu, Kementerian LHK juga menyebutkan awalnya adalah sekitar 800-an sekolah yang masuk nominasi Adiwiyata Nasional 2016. Namun setelah dilakukan seleksi dan penilaian, akhirnya ditetapkan sebanyak 489 sekolah (SD-SMA/Sederajat) dari 31 provinsi se-Indonesia yang berhak mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional. Khusus untuk Provinsi Sumbar ditetapkan sebanyak 18 sekolah dan tiga di antaranya berasal dari Kota Padang. (rls/vri)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: