Lubuak Bagaluang Kembali Juara Umum di FSN V

Minggu, 31 Mei 2015, 18:00 WIB | News | Kota Padang
Lubuak Bagaluang Kembali Juara Umum di FSN V
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengabadikan lomba selaju sampan di aliran Batang Arau dengan kamera telepon selulernya, saat pembukaan pada 21 Mei 2015. (Humas Pemko Padang)

VALORAnews - Festival Siti Nurbaya (FSN) V/2015 kembali dijuarai, Kecamatan Lubuak Bagaluang. Iven yang digelar pada 21-30 Mei dengan berbagai perlombaan tradisi dan budaya itu, merupakan juara umum untuk ketiga kalinya bagi kecamatan yang dipimpin Ances Kurniawan itu.

"Iven ini rutin dilakukan setiap tahun sebagai bagian dari upaya melestarikan tradisi dan permainan anak nagari yang mengakar di Sumatera Barat, khususnya Kota Padang. Lebih dari itu, iven ini juga dapat menggairahkan pariwisata Kota Padang sebagai destinasi daerah yang memiliki bermacam seni budaya yang bertaraf nasional bahkan internasional," ungkap Sekda Padang, Nasir Ahmad, di Gelanggang Silieh Baganti Disbudpar Kota Padang, Sabtu (30/5/2015) malam saat menutup kegiatan itu.

Diharapkan Nasir, penyelenggaraan FSN ini, terus menggairahkan pariwisata Kota Padang dan menghidupkan tradisi serta permainan anak nagari. Festival yang melekat dengan legenda Siti Nurbaya ini, juga diharapkan mampu menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap legenda yang dikenal luas secara nasional atau mungkin telah mendunia ini.

FSN ke-5 pada 2015 ini, terang Nasir, memang terlihat lebih meriah dari perhelatan FSN sebelumnya. Ini terlihat, dengan cukup tingginya antusiasme dan partisipasi masyarakat dari 11 kecamatan yang tersebar di 104 kelurahan dari awal hingga akhir perlombaan.

Baca juga: Kafilah Kecamatan Tilatang Kamang Juara Umum MTQ ke41, Bupati Bidik Juara Tingkat Provinsi

Tidak hanya itu, agar kegiatan festival ini lebih luas lagi gaungnya, untuk FSN tahun depan direncanakan bakal mengundang dan melibatkan kabupaten/kota lainnya di Sumbar. (Baca: Juara Umum Tiga Kali, Dian: Tropi Bergilir jadi Milik Lubuak Bagaluang)

"Dengan mengundang daerah lain dalam festival ini, akan memberikan manfaat lebih bagi Kota Padang khususnya memajukan pariwisata. Hadiah bukanlah tujuan akhir dari lomba, namun bagaimana melestarikan tradisi dan budaya di Kota Padang itulah yang utama," ujar Nasir saat menutup iven itu secara resmi. (Baca: Juara Umum FSN V, Ances: Kemenangan ini Berkat Kesungguhan Bersama)

Perlombaan yang digelar pada FSN V/2015 ini di antaranya, ada Pawai Budaya, Lomba Tari Pasambahan, Lomba Baju Kuruang Basiba, Lomba Sandal Tampuruang, Lomba Randai, Lomba Nyanyi Gamad, Lomba Nyanyi Minang, Lomba Foto, Lomba Selaju Sampan, Lomba Kuliner seperti malamang, manggiliang lado, mangukua karambia dan membuat jus pinang mudo. (relis)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: