Kota Sehat dan Cerdas Dibahas di IHCC 2016

Jumat, 28 Oktober 2016, 08:44 WIB | News | Kota Padang
Kota Sehat dan Cerdas Dibahas di IHCC 2016
Ketua Forum Kota Sehat (FKS) Kota Padang, Rukayah Anwar. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnws - Kota Padang ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksana konferensi dan pameran pembangunan tentang Kota Sehat di Indonesia. Kegiatan bertajuk Indonesia Healthy City Conference & Expo (IHCC) 2016 itu, bakal digelar 2-3 November 2016 di Grand Inna Muara Hotel, Padang.

IHCC 2016 ini mengangkat tema Integrating Healthy City To Smart City atau Mewujudkan Kota Sehat jadi Kota Pintar yang Terintegrasi. Akan bertindak sebagai keynote speaker Menteri Kesehatan RI.

"Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang kompeten di berbagai bidang, baik dari unsur pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun professional," kata Ketua Forum Kota Sehat (FKS) Kota Padang, Rukayah Anwar, kemarin.

Digelarnya IHCC, bertujuan untuk melahirkan gagasan-gagasan baru tentang upaya membangun kota sehat dan kota pintar di Indonesia. Sehingga, diharapkan semua kota dan kabupaten menjadi kota sehat dan kota pintar.

Baca juga: Agam Raih Penghargaan Kategori Spesial ISNA 2024

"Bukan sekadar predikat, tetapi dapat menerapkannya di sendi-sendi kehidupan bermasyarakat," terang Rukayah.

Nantinya, IHCC 2016 dikuti 300 peserta dari seluruh Indonesia yang meliputi kepala daerah, Dinas Kesehatan, Bappeda, Forum Kota & Kabupaten Sehat, dokter, rumah sakit, perusahaan sektor kesehatan, akademisi dan masyarakat umum.

Selain konferensi, juga diadakan pameran kota sehat. Pameran ini bertujuan sebagai sarana informasi dan penyebarluasan hasil-hasil pembangunan kota sehat. "Sekaligus sebagai promosi produk-produk kesehatan, jaminan kesehatan, teknologi/alat kesehatan dan sebagainya," sebut Rukayah.

Dalam IHCC 2016 itu akan hadir juga Walikota Kuching Utara, Y.Bhg Datuk Haji Abang Abdul Wahap Bin Haji Abang Julai. Ia akan mempresentasikan "Kuching Healthy City Through CBS Plan (CBS Stand for Clean, Beatiful and Safe)."

Baca juga: Indosat Business Siap Wujudkan Konsep Smart City Sumatera Barat

Sementara, untuk permasalahan Smart City akan tampil Prof Suhono H Supangkat, Pakar Telekomunikasi yang juga Guru Besar ITB. Suhono tampil dengan presentasi berjudul "E-health Untuk Kinerja Layanan Kesehatan Yang Lebih Baik." Seperti diketahui Prof Suhono H Supangkat adalah pencetus diadakannya Smart City di Indonesia. (vri/rls)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: