Perguruan Sipadi Beraliran Silek Kumango

Selasa, 25 Oktober 2016, 09:13 WIB | Sport | Kab. Lima Puluh Kota
Perguruan Sipadi Beraliran Silek Kumango
Bupati Limapuluh Kota berfoto bersama para pesilat dan guru silek dalam acara silaturahmi antar perguruan silek di lokasi perguruan Silek Paga Diri (Sipadi) di Jorong Kubang Tungkek, Nagari Guguak VIII Koto, Minggu (23/10/2016). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Panita acara silaturahmi antar perguruan silek di tempat latihan Perguruan Silek Paga Diri (Sipadi), di Jorong Kubang Tungkek, Kenagarian Guguak VIII Koto, Delmis menyebut, Silek Sipadi berasal dari Silek Kumango yang dibawa Syeh Mudo Abd Godim Belubus dari Syeh Abd Rahman Kumango yang juga dijuga diambil almarhum Guru Tuo Silek Dt Hitam yang kemudian mengembangkannya di Dangung-Dangung.

"Sejak Dt Hitam meninggal dunia tahun 1980 lalu, perguruan tersebut dilanjutkan anaknya, Y Dt Mangun yang kemudian menamakannya menjadi Perguruan Sipadi," ungkap Delmis, Minggu (23/10/2016).

Hingga kini Sipadi telah mempunyai anggota sekitar 2.000 orang dengan guru surau Amchandra, guru silek Yon Eldi dan guru tenaga dalam Y Dt. Mangun.

Dalam silaturahmi pesilat itu juga ditampilkan atraksi jurus batang silek, sambut gorak, tenaga dalam dan lainnya. (rls/kyo)

Baca juga: Aplikasi Penghasil Uang Legal OJK, Pertama Daftar Dibayar Rp20 Ribu, Ini Misinya!

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: