Peringatan Hari Santri, Sutan Riska: Mulai 2017 Ponpes Dibantu APBD

Selasa, 18 Oktober 2016, 09:21 WIB | Kabar Daerah | Kab. Dharmasraya
Peringatan Hari Santri, Sutan Riska: Mulai 2017 Ponpes Dibantu APBD
Seribuan santri, memadati auditorium kantor bupati Dharmasraya, Senin (17/10/2016) dalam rangka peringatan Hari Santri Nusantara yang diperingati untuk kedua kalinya di daerah itu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Sedikitnya, 1.100 santri dari sembilan pondok pesantren (Ponpes) se-Kabupaten Dharmasraya, Senin (17/10/2016) berkumpul di gedung auditorium kantor bupati Dharmasraya. Mereka dipandu para pengasuhnya untuk memeriahkan peringatan hari santri nasional yang jatuh pada 22 Oktober 2016.

Peringatan hari santri yang kedua tingkat Kabupaten Dharmasraya ini, ditandai dengan tausiah akbar dengan guru, KH Mudjib Kudhori dari pengurus Badan Koordinasi Pondok Pesantren Pusat. Hadir pada peringatan hari santri, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Sekda Leli Arni, Staf Ahli Bupati Martoni, Kepala Kemenag Kabupaten Ruhil Kudus, Utusan Ketua DPRD Suardi Ayub, Para perwakilan Forkopimda dan para pengasuh Ponpes se Kabupaten Dharmasraya.

Ketua Panitia, KH Kozin Adnan dalam laporannya mengatakan, Ponpes di Kabupaten Dharmasraya turut ambil bagian dalam usaha memajukan sektor pendidikan daerah. "Dalam sejarah, pesantren tidak pernah absen dalam menyelesaikan masalah bangsa, baik sebelum maupun sesudah kemerdekaan. Termasuk dengan Pemkab Dharmasraya yang sedang berupaya keras membangun dunia pendidikan. Termasuk apabila masyarakat menghadapi persoalan keagamaan, Ponpes siap jadi penerang," kata Kozin Adnan.

Sementara, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada para pengasuh Ponpes se-Kabupaten Dharmasraya, dimana hanya dengan modal niat karena Allah, sudah berbuat banyak dalam memajukan dunia pendidikan.

Baca juga: Rakerda PDI Perjuangan Sumbar 2022: Pendaftaran Bakal Caleg PDI Perjuangan Bisa secara Online, Ditutup 30 September 2022

Sebagai bentuk apresiasi bagi para pengasuh Ponpes, St Riska minta pada Sekretaris Daerah, Leli Arni untuk mengakomodir penganggaran bantuan kepada Ponpes pada tahun anggaran 2017. "Saya minta Sekda selaku ketua TAPD, dapat mengakomodir pemberian bantuan kepada Ponpes di tahun 2017 mendatang," kata bupati termuda Indonesia ini. (rls)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: