Penataan Kawasan Tergantung Dukungan Masyarakat

Minggu, 02 Oktober 2016, 17:37 WIB | News | Kota Padang
Penataan Kawasan Tergantung Dukungan Masyarakat
Wako Padang, Mahyeldi, menyerahkan bantuan pembangunan masjid pada pengurus Masjid Nurul Huda, Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, Jumat (30/9/2016). (humas)

VALORAnews -- Masyarakat jadi kunci utama agar tertata rapinya sebuah daerah atau kawasan. Dengan adanya inisiatif dan keikutsertaan masyarakat, suatu kawasan akan tertata dengan baik.

Demikian dikatakan Walikota Padang, H Mahyeldi Dt Marajo saat menampung aspirasi masyarakat dalam program Jumat Keliling (Jumling) di Masjid Nurul Huda, Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, Jumat (30/9/2016).

"Agar kawasan ini tertata baik, semuanya ada di tangan masyarakat," tegas Mahyeldi usai shalat Jumat di masjid itu.

Cukup banyak keluhan yang disampaikan warga pada Mahyeldi, ketika melakukan Jumling di masjid tersebut. Seperti masih adanya pedagang yang berjualan di atas Jembatan Siti Nurbaya. Keberadaan pedagang itu membuat jalan di jembatan jadi macet, akibat berjubelnya pembeli yang memarkir kendaraannya.

Baca juga: Andree Algamar Dilantik jadi Pj Walikota Padang, Mahyeldi: Selesaikan Permasalahan Masyarakat

"Kalau sudah sore, jalan jadi sempit, kendaraan berselisih pun susah," ujar seorang warga, Dodi, kepada Mahyeldi.

Menjawab itu, Mahyeldi menyebut, perlunya keterlibatan seluruh masyarakat, agar kawasan Jembatan Siti Nurbaya tidak lagi diisi pedagang. Mahyeldi mengatakan, Jembatan Siti Nurbaya termasuk ke dalam rencana Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Gunung Padang.

Karena itu, nantinya kawasan ini akan ditata dengan baik. "Kita akan jadikan kawasan di bawah jembatan sebagai pusat kuliner. Nanti tidak ada lagi pedagang yang berjualan di atas jembatan," terang Mahyeldi.

Sisi lain, warga juga berharap agar kawasan Batang Arau dialiri air bersih milik PDAM. Menurut seorang warga, selama ini air PDAM hanya menjangkau rumah bagian pinggir jalan. Air PDAM pun hanya bisa dirasakan saat jam tertentu.

Baca juga: Bencana Lahar Dingin Sumbar, BSI Bantu Rp200 Juta, Apical Grup Distribusikan 6 Ton Minyak Goreng

Direktur Utama PDAM, Muswendry Evites yang hadir saat itu, langsung merespon keluhan warga. Menurutnya, kawasan Batang Arau terletak di paling ujung Kota Padang. Sedangkan sumber air untuk kawasan ini berada di daerah Ulu Gadut.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: