KPU Bukittinggi Harapkan Data Kependudukan Disdukcapil Bisa Diakses secara Daring

Kamis, 22 September 2016, 21:59 WIB | News | Kota Bukittinggi
KPU Bukittinggi Harapkan Data Kependudukan Disdukcapil Bisa Diakses secara Daring
Kordiv Sosialisasi KPU Bukittinggi, Benny Aziz (kiri) saat memberikan arahan pada Rakor data Pemilih berkelanjutan yang digelar di kantor KPU Bukittinggi, Kamis (22/9/2016). (Hatta Rizal/valoranews)

VALORAnews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bukittinggi saat ini tengah gencar melakukan pemutakhiran data guna mendapat daftar pemilih yang akurat serta faktual.

Dalam Rakor Data Pemilih Berkelanjutan, Ketua Divisi Perencanaan Data KPU Bukittinggi, Benny Azis, mengatakan pihaknya secara intens berkomunikasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

"Kita sedang membuat kesepakatan agar bisa mengakses data kependudukan secara online melalui sistem data elektronik yang dimiliki Disdukcapil,'' ucap Benny Azis. Kamis (22/09/2016).

Jika kesepakatan dengan Disdukcapil tercapai, Benny mengungkapkan hal tersebut akan lebih efisien. Sebab, selama ini, KPU harus mendatangi Disdukcapil untuk mengetahui data sahih mengenai jumlah penduduk yang punya hak pilih.

Baca juga: Pemilu 2024, PKS Raih Dua Kursi, Ini Urutan Perolehan Suara Dapil Bukittinggi III

"Nanti akan kita taruh seorang operator untuk menjalankan sistem tersebut,'' tambah Benny.

Meskipun nanti sistem informasi tersebut sukses dijalankan KPU, Benny meyakinkan jika pihaknya hanya bisa melihat tanpa merubah daftar penduduk yang punya hak pilih.

"Kita hanya mengakses saja, mengubahnya tentu kita tidak bisa," lanjutnya.

Sayangnya, dari 79.879 jiwa penduduk Bukittinggi, sebanyak 72.242 penduduk sudah melakukan perekaman E-KTP. Sisanya, sebanyak 7.637 jiwa belum melakukan perekaman E-KTP, sehingga hal ini bisa jadi kendala dalam penggunaan hak pilih yang dipantau oleh KPU melalui sistem informasi kependudukan Disdukcapil. (cr6)

Baca juga: Pemilu 2024, Gerindra, PKS, Demokrat, Golkar dan Nasdem Berbagi 1 Kursi di Dapil Bukittinggi II

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: