E-Warung Hadir di Padang, Mudahkan Warga Kurang Mampu Memperoleh Bantuan Sosial

Sabtu, 06 Agustus 2016, 08:06 WIB | News | Kota Padang
E-Warung Hadir di Padang, Mudahkan Warga Kurang Mampu Memperoleh Bantuan Sosial
Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansameresmikan program E-Warung Balai Gadang Kecamatan Kototangah, Jumat (5/8/2016) (humas)

VALORAnews----Sistem Elektronik Warung (E-Warung) Kelompok Usaha Bersama dan Program Keluarga Harapan (KUBE-PKH) hadir di Kota Padang. Sebagai proyek percontohan di Sumatera, Kota Padang dianggap pemerintah pusat telah siap mengakomodir penggunaan sistem ini.

Jumat (5/8/2016), E-Warung diluncurkan di Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah. Sistem E-Warung KUBE-PKH ini difasilitasi Bank Rakyat Indonesia (BRI) lewat penggunaan system pembayaran non tunai melalui pembagian kartu debit BRI Masyarakat Indonesia Sejahtera (MIS).

"Tujuan diluncurkannya ini untuk memudahkan masyarakat miskin mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah," terang Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa saat peresmian E-Warung.

Padang merupakan kota kelima di Indonesia yang menerapkan system ini. Konsep E-Warung yakni memberikan kemudahan penerima bantuan PKH dan Beras Sejahtera (Rastra) bertransaksi.

Baca juga: Andree Algamar Dilantik jadi Pj Walikota Padang, Mahyeldi: Selesaikan Permasalahan Masyarakat

"E-Warung akan mengkonversi setiap bantuan sosial secara manual menjadi non tunai. Ini untuk memudahkan dan lebih praktis," terang Mensos.

Penerima bantuan akan memanfaatkan kartu debit BRI untuk bertransaksi empat bahan kebutuhan pokok sesuai dana yang dimiliki. Warga dapat menggunakan kartu debit untuk membeli kebutuhan seperti beras, minyak goreng, tepung dan gula.

"Warga tidak saja bisa bertransaksi di E-Warung tetapi juga dapat dilakukan di ATM," sebut Khofifah.

Dipilihnya Padang sebagai daerah penerapan E-Warung di wilayah Sumatera karena Padang dianggap telah begitu siap melakukannya. SKPD di Pemko Padang juga telah menerapkan system dalam jaringan.

Baca juga: Pindah Partai di Pemilu 2024, Dua Anggota PAW DPRD Padang dari Partai Berkarya Dilantik

"Kita harapkan setelah ini akan muncul E-Warung lainnya sehingga target kita sebanyak 300 E-Warung di Indonesia dapat direalisasikan," ulas Khofifah.

Halaman:

Penulis:
Editor: Fanny Komala Sari
Sumber:

Bagikan: