Wisata Literasi di Jawa Barat: FAM Gelar Pelatihan Menulis Novel di Batusangkar

Senin, 18 Mei 2015, 19:31 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
Wisata Literasi di Jawa Barat: FAM Gelar Pelatihan Menulis Novel di Batusangkar
Peserta pelatihan singkat menulis novel di Lima Kaum, Batusangkar, Sumatera Barat, Minggu (17/5/2015) foto bersama dengan pemateri pegiat FAM Indonesia, Muhammad Subhan. (istimewa)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia melakukan kegiatan literasi di tiga kota, Ahad (17/5). Ketiga kota itu adalah Batusangkar (Sumatera Barat), Ciamis dan Bandung (Jawa Barat).

Di Kota Batusangkar, Pegiat FAM Indonesia Muhammad Subhan berbagi kiat menulis novel untuk kalangan pelajar dan mahasiswa di kota itu. Pelatihan tersebut digagas Lembaga Keterampilan & Pelatihan (LKP) D'Best Sikaladi.

Di hari yang sama, FAM Cabang Galuh Ciamis mengadakan Wisata Literasi Alam di Situs Astana Gede Kawali, sebuah komplek peninggalan sejarah dan budaya masa lampau ketika Kerajaan Galuh masih berjaya sekitar abad ke-14 Masehi.

Kegiatan itu mengikutsertakan puluhan pelajar SMA di Kota Ciamis. Di alam, mereka dilatih menulis kreatif dan baca puisi dengan narasumber Penyair Toni Lesmana, Jaro X Yus dan Kang Syahrul Aziz, M.Pd.

Baca juga: Lelaki Rambut Bawang Dibedah di Rimba Bulan, Ini Pendapat 3 Pemantik Diskusi

"Dari kegiatan ini terkumpul 449 naskah puisi dan cerpen karya peserta yang rencananya akan dibukukan," kata Yus Rusmanasudia, Koordinator FAM Cabang Galuh Ciamis, Senin (18/5).

Sementara di Bandung, FAM Jawa Barat dan Banten mengadakan Temu Darat serta diskusi kepenulisan di area Masjid Raya Bandung/Alun-Alun Bandung. Selain membahas program kerja, juga diadakan latihan menulis dengan waktu 15 menit.

"Masing-masing peserta menulis karya bebas, fiksi atau nonfiksi. Setelah itu, masing-masing peserta menilai karya temannya," kata Dedi Saeful Anwar, Koordinator FAM Wilayah Jawa Barat.

Karya terbaik dari latihan itu mendapat hadiah. Nilai tertinggi diraih Santi Sumiati/De Minnie (Cianjur), dan dua peserta mendapat nilai sama, yaitu Utep Sutiana (Garut) dan Wildan Fuady (Bandung).

Baca juga: Album Musik Puisi Diwacanakan di Bukber FAM Sumbar

Ahad, 17 Mei 2015, yang juga merupakan Hari Buku Nasional tersebut, diharapkan menjadi titik balik seluruh anggota FAM Indonesia untuk semakin aktif berkegiatan di daerahnya masing-masing.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: