PMI Padang Targetkan 3000 Kantong Darah Selama Puasa

Selasa, 07 Juni 2016, 08:35 WIB | News | Kota Padang
PMI Padang Targetkan 3000 Kantong Darah Selama Puasa
Gubernur Irwan Prayitno ikut menyumbangkan darah pada kegiatan donor darah yang digalang PMI Padang di SJS Plasa Padang, Senin (6/6/2016). (humas)

VALORAnews---Guna memenuhi kebutuhan darah selama bulan puasa, Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Tranfusi Darah Kota Padang memberikan kesempatan kepada para pendonor untuk menyumbangkan darahnya.

Kegiatan donor darah yang dibuka di SJS Plaza Jalan Jhoni Anwar Lapai ini berlangsung mulai malam pertama puasa, Senin (6/6) sampai dengan 4 Juli 2015 nanti. PMI Padang menargetkan minimal mendapatkan 3.000 kantong darah. Khusus untuk donor darah di SJS Plaza ditargetkan mendapatkan 1.500 kantong darah.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengapresiasi upaya yang dilakukan PMI Kota Padang untuk memenuhi kebutuhan darah selama bulan puasa karena biasanya di bulan puasa ini memang sepi pendonor.

"Donor darah yang diadakan PMI Kota Padang di malam bulan merupakan langkah yang baik dan patut diapresiasi. Upaya ini untuk memenuhi persediaan darah yang biasanya cenderung kurang di bulan puasa, sedangkan yang membutuhkan tetap banyak," ujarnya.

Baca juga: Sapa Relawan PMI di Lokasi Banjir Lahar Dingin Bukit Batabuah, Jusuf Kalla Sampaikan Terima Kasih

Menurut Gubernur Irwan, berdasarkan laporan yang ia terima kebutuhan darah setiap harinya di Kota Padang saja tidak kurang dari 100 kantong darah. Untuk mengantisipasi supaya tidak terjadi kekurangan PMI harus punya stok lebih.

Sementara itu, Walikota Padang yang juga Ketua PMI Kota Padang H. Mahyeldi Datuk Marajo yang hadir pada malam pertama acara donor darah ini menyebut kegiatan ini terobosan untuk kemanusiaan sekaligus menjadi ladang amal.

"Berdonor di bulan puasa ini merupakan amal ibadah apalagi yang mendonorkan darah untuk menyelamatkan jiwa orang lain," tukuk Mahyeldi.

Pendonor bukan saja dari para pengunjung dan karyawan SJS Plaza, tetapi beberapa kelompok masyarakat seperti Himpunan Bersatu Teguh (HBT) dari kawasan pecinan Kota Padang juga sudah mendaftarkan 300 orang pendonor.

Baca juga: Galodo Sumbar, Jusuf Kalla: Jika Kurang, Tambahan Relawan PMI Siap Siaga

Selain itu, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintahan Provinsi juga sudah disurati Gubernur agar ikut serta berdonor disini. "Begitu juga para ASN Pemko Padang, juga sudah saya surati,"tambahnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: