Kapasitas Warga Sekitar KWBT Ditingkatkan

Selasa, 12 Mei 2015, 13:27 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Kapasitas Warga Sekitar KWBT Ditingkatkan
Bupati Pessel Nasrul Abit didampingi Andrinof Chaniago (Menteri Bappenas) dan unsur keamanan, mengadakan jumpa pers terkait peresmian KWBT Mandeh oleh Presiden Joko Widodo, 16 Mei 2015. (humas Pessel)

VALORAnews - Pemkab Pessel terus mematangkan persiapan penyambutan Presiden Joko Widodo dalam rangka peresmian Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh pada 16 Mei 2015.

Bupati Pessel, Nasrul Abit mengatakan, saat ini pemkab sedang berupaya meningkatkan kapasitas masyarakat setempat, dengan sejumlah pelatihan.

"Kemudian bagi masyarakat setempat dan kelompok pengelola wisata, diberikan pelatihan dan kursus. Misalnya kursus bahasa Inggris bagi masyarakat yang akan berhubungan langsung dengan tamu dan wisatawan," katanya.

Lalu, menurut Nasrul Abit, juga ada pelatihan masak-memasak berbagai kuliner bagi warga setempat. Jenis masakan yang dilatih beraneka ragam, baik masakan lokal dan masakan luar negeri.

Baca juga: Stok Beras di Gudang Bulog Sumbar Surplus, Presiden Jokowi Ingatkan Ancaman Kemarau Panjang

"Tujuannya, pengelola dan masyarakat kawasan wisata dapat memenuhi kebutuhan makanan bagi pengunjung Mandeh," tutur Nasrul Abit.

KWBT Mandeh merupakan kawasan wisata yang masuk dalam Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Nasional (Rippnas) 2004 lalu. Keindahan kawasan yang setara dengan Bunaken dan Raja Ampat itu, sudah dikenal hingga mancanegara.

Kawasan Mandeh seluas 8.000 hektare terdiri dari deretan pulau-pulau dengan laut yang tenang dan biru. Beberapa pulau yakni Pulau Taraju, Pulau Setan Kecil, Pulau Sironjong Besar dan Kecil, dan Pulau Cubadak yang paling terkenal, serta pulau-pulau kecil lainnya.

Keindahan bawah laut Mandeh juga didukung dengan keberadaan bangkai kapal Belanda, Boelongan, yang tenggelam di masa penjajahan. Daerah itu juga didukung 70 ha terumbu karang yang masih sangat terawat, 4 ha hutan mangrove, dan ratusan biota laut. (lek)

Baca juga: Presiden Jokowi Ajak Mahyeldi Naiki Mobil RI-1, Ini yang Dibicarakan Selama Perjalanan

IKLAN PANTARLIH

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: