Curah Hujan Ekstrim, BMKG: Masih Berpeluang Terjadi Beberapa Hari Kedepan

Selasa, 22 Maret 2016, 23:09 WIB | Wisata | Nasional
Curah Hujan Ekstrim, BMKG: Masih Berpeluang Terjadi Beberapa Hari Kedepan
BMKG merilis, hujan lebat masih berpeluang terjadi di Indonesia, beberapa hari kedepan. Sesuai gambar citra satelit di atas, warna orange pekat, merupakan awan hujan yang pergerakannya ke arah daratan. (bmkg padang)

VALORAnews -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), merilis peringatan dini cuaca yang berpotensi hujan lebat dalam beberapa hari kedepan. Relis yang ditandatangani langsung oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Dr Yunus S Swarinoto itu, dilansir, Selasa (22/3/2016).

Berikut iimbauan lengkap BMKG tersebut:

"Perkembangan kondisi dinamika atmosfer wilayah Indonesia menunjukkan adanya indikasi POTENSI HUJAN LEBAT dalam beberapa hari ke depan, terutama di wilayah Sumatera. Hal ini terpantau mulai kemarin Sore (21 Maret 2016) hingga menjelang pagi yang merata di wilayah sebagian besar Sumatera dengan intensitas hujan SEDANG hingga SANGAT LEBAT, sehingga perlu diantisipasi dalam beberapa hari ke depan dimana akumulasi curah hujan juga akan tinggi.

Potensi terjadi hujan lebat dipengaruhi oleh mulai aktifnya aliran massa udara yang cukup kuat dari Barat (westerly wind burst & MJO) di Samudera Hindia sebelah Barat Sumatera hingga Jawa bagian Barat yang mengakibatkan terbentuknya daerah PERTEMUAN massa udara dan BELOKAN angin di beberapa wilayah di Indonesia termasuk wilayah sebagian besar Sumatera dan Jawa bagian Barat.

Baca juga: Bencana Banjir Hantam Sektor Perikanan Sumbar, Ini Paparan Mahyeldi ke Menteri KKP

Selain wilayah Pesisir Barat Sumatera, daerah lain yg berpotensi HUJAN LEBAT dlm tiga hari ke depan, antara lain :

-- Aceh bagian Selatan;

-- Sumatera Utara;

-- Sumatera Barat;

Baca juga: Direksi, Komisaris dan Karyawan Bank Nagari Himpun Bantuan Senilai Rp251 Juta

-- Riau bagian Utara;

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: