Pemkab Agam Gelar Shalat Gerhana di Masjid Agung Nurul Falah

Selasa, 08 Maret 2016, 08:05 WIB | Wisata | Kab. Agam
Pemkab Agam Gelar Shalat Gerhana di Masjid Agung Nurul Falah
Ilustrasi
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews---Himbauan untuk menggelar shalat gerhana pada Rabu (9/3/2016) besok juga didengungkan Pemkab Agam. Shalat sunat ketika gerhana matahari total itu dilaksanakan di Masjid Agung Nurul Falah.

Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Martias Wanto, mengatakan dengan shalat sunat tersebut akan menambah keimanan kala mengetahui salah satu tanda kebesaran Allah SWT tersebut.

"Ini untuk mengingatkan manusia semua dan ini salah satu tanda kebesaran Allah SWT dan menambah keimanan kepada Sang Pencipta," terang Martias Wanto.

Selain pegawai, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan Shalat Gerhana sebagaimana yang dianjurkan dalam agama apabila terjadi fenomena alam tersebut, baik di lapangan maupun di masjid.

Baca juga: Nikmati Gerhana Lewat Helm dan Foto Rontgen Bekas

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, Hendri, mengatakan, sebagaimana diprediksikan Gerhana Matahari Total (GMT) akan terjadi sekitar dua jam mulai pukul 06:20 hingga 08:32 WIB. Namun, untuk Provinsi Sumbar akan terjadi sekitar pukul 07:20 WIB yang berdurasi selama 1 menit lebih.

Pihaknya juga telah mengintruksikan kepada seluruh jajaran Kepala Urusan Agama (KUA) diseluruh kecamatan, untuk melaksanakan Shalat GMT dimasing-masing wilayah kerja bersama dengan pemerintah kecamatan, nagari dan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Zainal Muttaqin, menambahkan, pihaknya sudah melakukan persiapan yang matang terkait persiapan dan kesiapan pelaksanaan Shalat GMT pada 9 Maret 2016.

"Kita sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait guna mengsukseskan pelaksanaan shalat yang sangat mulia ini, termasuk mempersiapkan imam yang akan dipimpin oleh Ali Amran dan khatib Yasri LC," terangnya. (rel)

Baca juga: Shalat Gerhana Digelar di 11 Tempat

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: