Dharmasraya Sosialisasi PIN Lewat Medsos

Senin, 29 Februari 2016, 15:40 WIB | Wisata | Kab. Dharmasraya
Dharmasraya Sosialisasi PIN Lewat Medsos
Sukseskan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2016 tanggal 8-15 Maret

VALORAnews---Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2016 akan digelar 8-15 Maret 2016. Gerakan sosialisasi mulai dilakukan sejumlah daerah. Pemkab Dharmasraya memilih media sosial sebagai salah satu sarana sosialisasi PIN.

Kepala Dinas Kesehatan Dharmasraya Ernita menyebut, pengunaan medsos sebagai sarana sosialisasi dinilai lebih efektif. Hal itu karena masyarakat mulai sadar informasi dengan mengakses internet melalui laptop, warnet dan smartphone.

"Dinkes juga bekerjasama dengan Dinas Perhubungan komunikasi Informatia Pariwisata dan Budaya untuk menyosialisasikan PIN ini. Kami berharap, partisipasi warga untuk menyukseskan PIN meningkat," kata Ernita.

Sebenarnya Indonesia telah dinyatakan bebas polio bersama dengan negara anggota WHO di South East Asia Region (SEAR) pada bulan Maret 2014. Untuk mempertahankan keberhasilan tersebut, Indonesia perlu memperkuat pelaksanaan program imunisasi rutin polio dan kegiatan imunisasi tambahan yaitu Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang dilakukan secara berkala.

Baca juga: 43.722 Balita di Agam Telah Divaksin Polio

Penyakit Polio merupakan penyakit pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus Polio. Secara klinis penyakit polio adalah anak dibawah umur 15 tahun yang menderita lumpuh layu akut.

Penyebaran penyakit ini melalui kotoran manusia (tinja) yang terkontaminasi. Kelumpuhan dimulai dengan gejala demam, nyeri otot dan kelumpuhan pada minggu pertama sakit. kemudian bisa terjadi karena kelumpuhan otot pernafasan yang tidak ditangani segera. (rel)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: