Banjir Picu Kenaikan Harga Beras

Rabu, 17 Februari 2016, 15:00 WIB | Olahraga | Kota Padang
Banjir Picu Kenaikan Harga Beras
Kasi Trantib Camat Pangkalan Koto Baru Sudirman Oncu membagikan air bersih bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana kepada warga korban banjir di Kabupaten Limapuluh Kota beberapa waktu lalu (facebook sudirman oncu)

VALORAnews---Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah memperkirakan, kenaikkan harga beras dipicu oleh kondisi gagal panen di sejumlah daerah penghasil beras akibat banjir dan longsor beberapa waktu lalu. Seperti yang terjadi di Pasaman, Solok Selatan dan Limapuluh Kota.

Selain itu, banyak permintaan beras dari luar Sumatera Barat juga ikut membuat harga makanan pokok ini melambung. "Surplusnya beras di Sumatera Barat membuat provinsi tetangga ramai datang membeli beras ke sini," ujar Mahyeldi saat mengunjungi titik operasi pasar di Pasar Raya Padang, Rabu (17/2/2016). (baca: Harga Beras Melambung, Pemko Gelar Operasi Pasar)

Pada OP kali ini, Bulog akan mendistribusikan beras ke 34 titik, termasuk di sembilan pasar satelit yang ada di Padang. Harga beras OP terbilang relatif murah. Segantang beras dijual Rp13.440. Sedangkan perkilo dijual Rp8400. "Operasi Pasar ini dilakukan hingga harga beras stabil dan kita akan terus melakukan evaluasi setiap 15 hari sekali," pungkasnya. (vri)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: