Sensus Ekonomi Dimulai Mei, BPS Rekrut 1.532 Petugas

Senin, 15 Februari 2016, 14:14 WIB | News | Kota Padang
Sensus Ekonomi Dimulai Mei, BPS Rekrut 1.532 Petugas
Jajaran Muspida Kota Padang siap menyukseskan Sensus Ekonomi 2016 yang akan dimulai Mei 2016 nanti. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews--- Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang akan melakukan Sensus Ekonomi. Sebanyak 1.532 orang akan dilibatkan dalam melakukan pencacahan dan pengawasan listing sensus yang dimulai pada 1 Mei mendatang.

"BPS Padang telah merekrut 1.532 petugas sensus. Mereka akan dilatih selama bulan Maret dan April. Sedangkan sensus dimulai pada 1 Mei 2016 nanti," kata Kepala BPS Kota Padang Rizal, Senin (15/2/2016).

Rizal menargetkan semua usaha dan pelaku ekonomi akan dapat tersensus dengan baik. Dalam sensus ini, Padang terbilang berbeda dengan kabupaten/kota lainnya di Sumatera Barat. (baca: Padang SiapSukseskan Sensus Ekonomi 2016)

"Beda Padang dengan daerah lain dalam hal metodologi. Di Padang akan disensus seluruhnya, baik itu bangunan tempat tinggal dan lainnya. Sedangkan di kabupaten/kota lain ada sampel yang tak dicover dalam sensus ini," ungkap Rizal.

Baca juga: SE 2016 Digelar, Pemko Petakan Potensi Ekonomi

Sensus Ekonomi dilaksanakan sepuluh tahun sekali. Sensus kali ini merupakan sensus yang keempat dimana sebelumnya dilakukan pada tahun 1986, 1996 dan 2006.

"Manfaat Sensus Ekonomi ini akan dibutuhkan pelaku usaha, pemerintah, kementerian lembaga, pemda, peneliti dan akademisi, serta masyarakat," tambah Rizal.

Bagi pelaku usaha, manfaat Sensus Ekonomi yakni untuk mengetahui posisi dan peluang usaha serta daya saing usaha. Sedangkan bagi pemerintah, Sensus Ekonomi akan menjadi landasan perencanaan dan pengambilan kebijakan serta evaluasi kegiatan.

Rizal berharap seluruh masyarakat Kota Padang agar bekerjasama dengan baik dalam Sensus Ekonomi ini. Masyarakat diharapkan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan petugas sensus dengan baik dan jujur. "Seluruh responden tidak dipungut biaya atau gratis," katanya.

Baca juga: Padang Siap Sukseskan Sensus Ekonomi 2016

Berdasarkan jadwal listing Sensus Ekonomi dari BPS Kota Padang, pencacahan dilakukan pada Mei nanti. Setelah itu dilakukan pengolahan SE2016-RBL di kabupaten / kota pada Mei hingga Juni 2016. Tabulasi hasil SE2016-RBL dilaksanakan Juli 2016. Sedangkan Berita Resmi Statistik (BRS) hasil listing SE2016 dapat diketahui 4 Januari 2017.(vri)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Fanny Komala Sari
Sumber:

Bagikan: