Petani Salak Pondoh Keluhkan Serangan Kera dan Musang

Kamis, 11 Februari 2016, 17:56 WIB | Olahraga | Kota Bukittinggi
Petani Salak Pondoh Keluhkan Serangan Kera dan Musang
Petani salak, Ramli saat bersama seorang reporter di kebun Salak Pondok miliknya, Kamis (11/2/2016). Menghindari serangan kera dan musang, petani harus melindungi tanamannya dengan cara melingkari salak dengan seng. (hatta rizal/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Petani salak di Panorama Baru, Bukittinggi, mengeluhkan serangan hama pada tanamannya, yang masih saja terjadi meski sudah diantisipasi.

"Kendati sudah berkurang karena kami beri pagar, kera maupun musang terus saja mengganggu Salak Pondoh yang kami tanami ini," keluh seorang petani, Ramli Bagindo Kayo yang punya 300 batang tanaman salak ini, Kamis (11/2/2016).

Kata Ramli, serangan ini susah sekali diprediksi waktu terjadinya. Bisa malam atau pun siang. Sedangkan untuk mengawasi, para petani tak mungkin berada di kebun seharian.

"Tak hanya salak yang siap untuk dipanen, putiknya juga tak lepas dari incaran satwa tersebut," lanjutnya.

Baca juga: Pengidap HIV di Daerah Tujuan Wisata adalah Pelaku LGBT, Ini Arahan Pjs Wako Bukittinggi

Awalnya, saat mulai berbuah, para petani terpaksa melingkari batang salak itu dengan pagar dari seng. Sesudahnya, salak tersebut diberi penutup dari karung goni. Kendati terlihat aman, tapi hewan tersebut masih saja datang mengganggu.

"Terkadang kami jengkel juga, terpaksa kami tembak hewan itu. Tapi, masih saja ada salak yang dimakan jika kami lengah," cetusnya.

Lokasi kebun salak yang berada persis di tepi Ngarai Sianok, disinyalir rawan serangan dari hama karena hewan-hewan liar seperti kera, amat mudah ditemui di sana.

"Tak peduli musim hujan atau panas, ada saja salak yang digerogoti hama," kata Ramli yang berkebun salak di atas Ngarai Lumpuah Panorama Baru ini

Baca juga: Pjs Wako Bukittingi Evaluasi dan Konsolidasi Program Pariwisata dan Ekraf

Saat ini, di kawasan Panorama Baru, ada sekitar 5 petani Salak Pondoh yang masih intens mengembangkan salak yang ditanami sejak 2006 silam dan dijual dengan harga Rp17 ribu perkilogram itu. (cr6)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024