Kuota Haji Bukittinggi Menurun, Lansia Diprioritaskan

Selasa, 09 Februari 2016, 21:39 WIB | News | Kota Bukittinggi
Kuota Haji Bukittinggi Menurun, Lansia Diprioritaskan
Bachtiar Ahmad (85), jamaah haji tertua pada pemberangkatan 2015 lalu (ist)

VALORAnews---Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bukittinggi menetapkan jumlah kuota jamaah haji 2016, sebanyak 245 orang. Sedikit menurun dibanding tahun lalu yang sebanyak 257 orang.

Jika kuota ini tak terpenuhi, maka Kemenag memprioritaskan lansia dan keluarga yang berangkat terpisah untuk dapat menggantikan yang gagal berangkat. "Jika kuota itu tak tercapai, maka kita prioritaskan bagi lansia untuk mengisi nama-nama yang kosong tersebut ,'' kata Kasi Pemberangkatan Haji dan Umrah (PHU) Bukittinggi Khamidir, Selasa (9/2/2016).

Khamidir menyebutkan, hal ini merupakan keputusan Menteri Agama agar lansia tersebut bisa menunaikan haji ke Tanah Suci. "Seandainya banyak lansia mengisi jatah yang kosong, kita dahulukan yang mendaftar lebih awal untuk diberangkatkan,'' lanjut Khamidir.

Selain lansia, Khamidir juga menyatakan Kemenag akan mengutamakan bagi pasangan suami-istri yang berangkat terpisah agar bisa berangkat bersamaan.

"Misalnya, si suami berangkat 2016, tapi istrinya dapat porsi 2019. Maka keberangkatan istrinya bisa sama dengan suaminya pada tahun ini. Tak hanya itu, bagi anak dan orang tua yang terpisah jadwal berangkat, juga akan kita samakan keberangkatannya,'' tutupnya. (cr6)

Penulis:
Editor: Fanny Komala Sari
Sumber:

Bagikan: