Batanghari Meluap, Ratusan Rumah Terendam

Senin, 08 Februari 2016, 20:09 WIB | Wisata | Kab. Dharmasraya
Batanghari Meluap, Ratusan Rumah Terendam
Tim BPBD Dharmasraya melakukan evakuasi warga yang terkena banjir akibat meluapnya sungai Batang Hari (humas)

VALORAnews---Banjir juga melanda Kabupaten Dharmasraya. Luapan sungai Batanghari menyebabkan ratusan rumah terendam banjir setinggi 1 meter. Kerugian ditaksir mencapai puluhan miliar rupiah.

Kepala BPBD Dharmasraya Suwandi menyebutkan, daerah yg terkena sapuan banjir antara lain Jorong Lubuk Bulang, Siguntur sampai ke Pisang Rebus. Tidak hanya rumah, beberapa harta milik warga berupa sawah dan ternak ikut disapu banjir.

"Banyak ternak masyarakat di Siguntur yang tidak pulang. Diduga ternak sapi yg dikandangkan diladang masyarakat ikut tersapu banjir bandang sekali lima tahunan itu. Sementara ratusan sawah juga terlihat kebanjiran dan tanamannya rusak parah," ujar Suwandi dalam siaran persnya, Senin (8/2/2016).

Saat ini, katanya, warga yang terkena dampak banjir sudah diungsikan. Namun, kondisi warga cukup memprihatinkan karena ketiadaan air bersih. Tidak sedikit juga warga yang biasa tidur di ladang pinggir Sungai Batanghari terjebak banjir.

Baca juga: Kodim 0305/Pasaman Bantu Evakuasi Warga

Mereka belum bisa kembali ke rumahnya karena dikepung banjir. Katiadaan air bersih dan makanan membuat mereka harus menahan lapar sejak pagi hari. Sampai saat ini, proses evakuasi terus dilakukan," ujarnya. (lok)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: