DPRD Bukittinggi Sepakati KUA PPAS Tahun 2025, Belanja Daerah Disepakati Rp765,271 Miliar

Selasa, 22 Oktober 2024, 06:38 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
DPRD Bukittinggi Sepakati KUA PPAS Tahun 2025, Belanja Daerah Disepakati Rp765,271 Miliar
Pjs Wako Bukittingi, Hani Syopiar Rustam menandatangani berita acara persetujuan KUA PPAS Tahun 2025 dalam rapat paripurna DPRD Bukittinggi, Senin malam. Penandatanganan ini disaksikan pimpinan DPRD. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Sedangkan Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) tahun berjalan ditetapkan Rp173,669 miliar, berkurang Rp40,754 miliar dari prakiraan awal sebesar Rp214,424 miliar.

Dengan kondisi itu, terang dia, mendefenisikan bahwa harus terus dilakukan kajian untuk maksimalisasi potensi pendapatan daerah.

Pilihan lainnya, kembali melakukan skala prioritas anggaran belanja, baik dengan penundaaan kegiatan atau penghematan rencana belanja dalam RAPBD.

Baca juga: Ini Proyek yang Diusulkan Pj Wako Bukittinggi ke Kementerian PUPR

"Sehingga, defisit Silpa Tahun Berjalan tersebut , bisa dalam keadaan benilai nol rupiah, agar pelaksanaan program dan kegiatan nantinya tidak terkendala dengan ketiadaan dana dalam kas daerah," terang Syaiful Efendi.

Berdasarkan tema dan prioritas pembangunan nasional dan provinsi Sumatera Barat, ungkap dia, tema RKPD Bukittinggi Tahun 2025 adalah: "Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Sektor Unggulan yang Inklusif dan Berkelanjutan."

Dimana, Tahun Anggaran 2025 ini merupakan penjabaran dari rencana kerja tahun keempat RPJMD Kota Bukittinggi Tahun 2021-2026.

Maka belanja daerah diarahkan untuk pencapaian prioritas pembangunan Bukittinggi untuk Tahun 2025 diprioritaskan pada sejumlah agenda besar.

Fokus Belanja Daerah Bukittinggi Tahun 2025

1. Prioritas Peningkatan Ekonomi Kerakyatan

Prioritas ini ditujukan untuk meningkatan pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan berbasis masyarakat sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dan ketahanan masyarakat terhadap dampak ekonomi dari pandemi yang terjadi.

2. Prioritas Pengembangan Sektor Pendidikan

Prioritas sektor pendidikan ditujukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan nilai-nilai agama, adat, dan budaya.

3. Prioritas Pengembangan Sektor Kesehatan dan Lingkungan

Prioritas ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sehat dan berperilaku hidup sehat dalam lingkungan yang sehat didukung infrastruktur ramah lingkungan, berkualitas dan berkelanjutan sesuai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Halaman:

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024