Sumbar Miliki 10 Kebijakan Mitigasi Bencana, Audy: Teknologi EEWS Digunakan untuk Antisipasi Ancaman Tsunami

Senin, 07 Oktober 2024, 07:15 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Sumbar Miliki 10 Kebijakan Mitigasi Bencana, Audy: Teknologi EEWS Digunakan untuk...
Plt Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy foto bersama dengan panitia dan peserta kuliah umum tentang penanganan bencana serta kesiapan menghadapi potensi Megatrust di Kampus III UIN Imam Bonjol Padang, Ahad. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (6/10/2024) - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy menyebut, Pemprov Sumbar memiliki 10 kebijakan untuk penanggulangan bencana di Sumbar.

"Sebagai salah satu daerah rawan bencana, Sumbar sangat membutuhkan kolaborasi dari banyak pihak untuk meminimalisir resiko. Mulai dari pemerintah, organisasi kemanusiaan, akademisi serta masyarakat," jelas Audy.

Hal itu dikatakan Audy, saat jadi salah satu pembicara dalam kegiatan kuliah umum tentang penanganan bencana serta kesiapan menghadapi potensi Megatrust di Kampus III UIN Imam Bonjol Padang, Ahad.

Dikesempatan itu, dia memaparkan kebijakan terbaru Pemprov Sumbar dalam penanggulangan bencana di Sumbar yakni penerapan Earthquake Early Warning System (EEWS).

Baca juga: Mahyeldi: Potensi Gempa Megathrust Mentawai Sudah Diinformasikan sejak Lama

"Sistem EEWS atau Sistem Peringatan Dini Gempa Bumi ini bekerja dengan mendeteksi gelombang sebelum terjadinya gempa. Sehingga, masyarakat dapat memanfaatkan interval waktu sebelum terjadi bencana, untuk berlindung," ungkap Audy Joinaldy.

Audy menyebut, salah satu mitra strategis Pemprov Sumbar dalam penanganan bencana di Sumbar adalah Muhammadiyah. Itu dilakukan melalui Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC).

"Terima kasih atas dukungan MDMC selama ini. Semoga, kedepan kolaborasi ini bisa terus terjaga," ucap Audy.

Diketahui, berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sejak bulan Januari hingga Juni 2024, Indonesia telah mengalami banyak bencana.

Baca juga: Sumbar jadi Tuan Rumah HKBN 2024, 30 Daerah akan Ikuti Simulasi Bencana Gempa dan Tsunami

Lebih kurang total jumlahnya mencapai 874 kali, akibatnya terdapat sebanyak 263 orang korban jiwa, 28 orang hilang dan 410 orang luka-luka serta 3.864.634 warga yang mengungsi.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024