Ketika Seniman Pemberontak Dirangkul Pemerintahan Mahyeldi-Audy

Jumat, 27 September 2024, 19:36 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Ketika Seniman Pemberontak Dirangkul Pemerintahan Mahyeldi-Audy
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy menghadiri salah satu iven yang digarap Forum Batajau Seni Piaman, beberapa waktu lalu. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (27/9/2024) - Dinas Pariwisata berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan, jadi ujung tombak pelestarian seni-budaya dan pembangunan industri kreatif di Sumatera Barat.

Dalam perjalannya, kedua OPD itu merangkul mereka yang militan dan acap dianggap 'pemberontak.' Pemicunya, tak lain disebabkan oleh dunia dinamis yang melekat padanya.

"Di dalam kesenian, kemerdekaan dalam berkreatifitas adalah hal utama. Hal ini yang sepertinya sangat disadari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat," ungkap Kadis Pariwisata Luhur Budianda beberapa waktu lalu.

Menurut dia, Pemprov Sumbar sangat memahami, dunia kreatif atau dunia kesenian itu menomor satukan kebebasan berekspresi, meski tetap harus sesuai dengan norma yang berlaku.

Baca juga: 40 Pengelola Homestay Ikuti Pelatihan Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Usaha

"Sejumlah seniman hebat kita di Sumbar ini, telah membuktikan karya luar biasa mereka. Cuma, karena mereka bergerak mandiri bukan berarti mereka tidak patut diapresiasi," sebut dia.

Dikatakan, sejumlah entitas mandiri bahkan sudah membesarkan nama Sumbar di berbagai level.

"Ini luar biasa. Makanya, kami berupaya untuk selalu hadir membersamai mereka, walau mereka memilih untuk mandiri dalam berkarya," sebutnya.

Luhur mencontohkan, salah satunya adalah Forum Batajau Seni Piaman.

Baca juga: Sektor Pariwisata Sumbang PAD Padang Rp100 Miliar Lebih, Kontribusi Terbesar dari Pajak Restoran, Hotel dan Hiburan

"Kami sempat hadir di sejumlah event mereka. Terbaru saya sendiri hadir di Festival Layang Putuih di Sungai Sariak, Padang Pariaman."

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024