65 Anggota DPRD Sumbar Ikuti Orientasi Tugas, Sekjen Kemendagri: Daerah Mayoritas Kelola Uang Pusat

Rabu, 25 September 2024, 13:33 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
65 Anggota DPRD Sumbar Ikuti Orientasi Tugas, Sekjen Kemendagri: Daerah Mayoritas Kelola...
Plt Sekjen Kemendagri (RI), Tomsi Tohir bersama 65 orang anggota DPRD Sumbar periode 2024-2029 saat mengikuti kegiatan orientasi tugas di BPSDM Kemendagri, di Jakarta. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

JAKARTA (3/9/2024) - Sebanyak 65 orang anggota DPRD Sumatera Barat periode 2024-2029 ikuti program orientasi tugas selama 5 hari, tanggal 2-6 September 2024 di Jakarta.

Kegiatan ini digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Kegiatan orientasi tugas ini bersifat wajib bagi 65 orang anggota DPRD Sumbar 2024-2029. Baik yang terpilih kembali atau yang baru," ungkap Ketua Sementara, DPRD Sumbar, Irsyad Syafar saat diwawancarai, Selasa (3/9/2024).

Usai kegiatan ini, terang dia, diharapkan akan tertanam nilai-nilai kinerja yang penuh semangat, tanggung jawab dan berintegritas.

Baca juga: Kajati Sumbar Temui Ketua Sementara DPRD, Ini yang Dibicarakan

"Orientasi tugas ini, merupakan proses pembekalan dan pendalaman tugas anggota dewan untuk mengawali masa kerja 2024-2029," urai dia.

Dia menjelaskan, selama proses orientasi 65 anggota DPRD Sumbar mendapatkan belasan materi yang berkaitan dengan wawasan kebangsaan, mekanisme pemerintah negara hingga pelaksanaan penegakan hukum.

Secara spesifik, lanjutnya, anggota DPRD Sumbar juga mendapatkan materi terkait tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) dewan dan sejumlah regulasi baru untuk rujukan kinerja dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Plt Sekjen Kemendagri (RI), Tomsi Tohir saat membuka acara orientasi tugas mengatakan, program ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas dan pengetahuan anggota legislatif dalam menjalankan tugas.

Baca juga: Kunjungan Kerja Ketua Sementara DPRD DKI Jakarta ke DPRD Sumbar, Ini Kata Irsyad Safar

Namun, hal yang harus menjadi perhatian bersama terkait krisis anggaran yang tengah mengancam sejumlah daerah.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: