DPRD Sumbar Tetapkan Pimpinan Defenitif dan Fraksi-fraksi, Ini Nama-namanya

Selasa, 17 September 2024, 13:54 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
DPRD Sumbar Tetapkan Pimpinan Defenitif dan Fraksi-fraksi, Ini Nama-namanya
Ketua Sementara DPRD Sumbar, Irsyad Safar didampingi Evi Yandri (wakil ketua sementara) dan Audy Joinaldy (Wagub) pada rapat paripurna penetapan pimpinan defenitif dan fraksi-fraksi, Selasa. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Merujuk Pasal 120 PP No 12 Tahun 2018, terdapat 8 fraksi yang dapat dibentuk di DPRD Sumatera Barat periode 2024-2029. Tujuh merupakan fraksi yang berdiri sendiri dan satu fraksi Gabungan," ungkap Irsyad Safar.

Dalam Pasal 120 ayat (1) dan ayat (2) PP No 12 Tahun 2018 dijelaskan, "Fraksi DPRD dibentuk paling lama 1 (satu) bulan setelah pelantikan Anggota DPRD dan setiap Anggota DPRD harus menjadi anggota salah satu Fraksi."

Selanjutnya sesuai dengan Pasal 120 ayat (3), dijelaskan bahwa; "Setiap Fraksi di DPRD beranggotakan paling sedikit sama dengan jumlah Komisi di DPRD."

Baca juga: 65 Anggota DPRD Sumbar 2024-2029 Gelar Silaturahmi usai Dilantik, Persiapkan Pembentukan Fraksi dan AKD

Sesuai dengan ketentuan tersebut, ungkap Irsyad, maka Partai Politik yang jumlah anggotanya di DPRD Sumatera Barat paling sedikit 5 orang, dapat membentuk fraksi sendiri.

Sedangkan anggotanya kurang dari 5 orang, bergabung dengan fraksi yang ada atau membentuk Fraksi Gabungan yang beranggotakan paling banyak 2 partai politik.

Dari 9 partai politik peraih kursi parlemen tingkat provinsi, akhirnya mengerucut pada 8 fraksi yakni Fraksi PKS dengan jumlah anggota 10 orang, Fraksi Partai Gerindra (10 anggota).

Kemudian, Fraksi Partai Golongan Karya dan Fraksi Partai Nasdem dengan jumlah anggota masing-masingya sebanyak 9 orang. Selanjutnya, Fraksi Partai Nadem beranggotakan 9 orang.

Lalu, Fraksi Partai Amanat Nasional dan Fraksi Demokrat, jumlah anggotanya juga sama banyak yakni 8 orang serta Fraksi Partai Persatuan Pembangunan dengan jumlah anggota 5 orang.

Terakhir, Fraksi PDIP dan PKB, yang merupakan Gabungan dari PDI-P dan PKB dengan jumlah Anggota sebanyak 6 orang. Diketahui, PDIP dan PKB sama-sama meraih 3 kursi parlemen.

Pimpinan Fraksi DPRD Sumbar 2024-2029:

1. Fraksi PKS

  • Penasehat : Drs. H. Muhidi, MM
  • Ketua : H. Irsyad Syafar Lc. M.Ed
  • Wakil Ketua ; H. Mochklassin, S.Si
  • Sekretaris : Syofian Hendri, S.PdI, MM
  • Bendahara : Gustami Hidayat, SP

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: