BBPMP Sumbar Gelar Sosialisasi Program Prioritas Kemendikbudtstek di Bukittinggi, Ini yang Disampaikan

Selasa, 30 Juli 2024, 14:48 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
BBPMP Sumbar Gelar Sosialisasi Program Prioritas Kemendikbudtstek di Bukittinggi, Ini...
Bony Ermond, paparkan program prioritas Kemendikbudristek pada kegiatan Media Visit yang digelar di Aula SDN 04 Birugo Bukittinggi, Selasa. (hamriadi)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

BUKITTINGGI (30/7/2024) - Merdeka belajar episode 25 jadi episode penting dalam transformasi pendidikan Indonesia.

Diluncurkan tanggal 8 Agustus 2023, episode tersebut berfokus pada upaya Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan (PPKSP).

"Melalui episode ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengeluarkan Permendikbudristek No 46 Tahun 2023 tentang PPKSP," ungkap Bony Ermond, saat jadi narasumber di acara Media Visit Sosialisasi Program-program Prioritas Kemendikbudristek, Selasa.

Sosialisasi ini digelar Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Sumatera Barat, di Aula SDN 04 Birugo Bukittinggi. Kegiatan ini dibuka Kabid PKPMP Dinas Pendidikan Bukittinggi, Masri.

Disampaikan Boni, Kemdikbudristek telah menyiapkan para pendidik yang layak untuk diangkat pemerintah daerah (Pemda) jadi Kepala Sekolah (KS) atau Pengawas Sekolah (PS).

Namun demikian, tambah Bony, calon KS harus memiliki sertifikat diklat Calon Kepala Sekolah (CKS) atau sertifikat guru penggerak.

Sementara, calon PS harus memiliki sertifikat diklat Calon Pengawas Sekolah (CPS) atau sertifikat guru penggerak yang telah lulus uji kompetensi (Ujikom).

"Pemda dan satuan pendidikan (Satpen) berkewajiban mencegah dan menanggulangi tindak kekerasan di Satpen dengan cara Disdik dan Satpen harus berupaya dengan sungguh-sungguh mencegah dan menanggulangi kekerasan di Satpen dengan membentuk satgas PPKS di Disdik dan TPPK di Satpen," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Bony saat ini juga Fungsional Umum BBPMP Sumbar UPT Kemendikbudristek, menekankan, Pemda harus menjunjung tinggi prinsip transparan, objektif dan akuntabel dalam melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), sesuai acuan PPDB tahun 2024 yang berintegritas sesuai dengan regulasi yang ada.

Sosialisasi ini diikuti 10 wartawan dari 10 media massa yang ada di Bukittinggi yakni Haluan, Padang Ekspres, SKH Rakyat Sumbar dan Singgalang untuk media cetak.

Dari media siber, valoranews.com, sumbar.antaranews.com, tribunpadang.com, hantaran.co, infosumbar.com dan banuaminang.co.id.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: