Jalan Lembah Anai Dibuka Bertahap untuk Umum Mulai 21 Juli, Ini Imbauan Gubernur

Jumat, 19 Juli 2024, 00:05 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Jalan Lembah Anai Dibuka Bertahap untuk Umum Mulai 21 Juli, Ini Imbauan Gubernur
Gubernur Sumbar, Mahyeldi tinjau pengerjaan jalan nasional Lembah Anai yang rusak akibat banjir, medio Mei 2024 lalu. Direncanakan, jalan ini akan dibuka untuk umum secara terbatas mulai 21 Juli depan. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

TANAH DATAR (18/7/2024) - Jalan Nasional Padang Panjang-Sicincin ruas Lembah Anai, yang sebelumnya putus total akibat banjir bandang pada Mei lalu, dilakukan ujicoba pembukaan lalu lintas (open traffic), Kamis.

"Alhamdulillah, uji coba pembukaan akses jalan nasional Lembah Anai mulai pukul 15.00 WIB hingga 19.00 WIB berjalan lancar. Setelah itu, kita akan evaluasi karena secara bertahap mulai tanggal 21 Juli akan kita buka untuk umum," kata Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi.

Hal itu disampaikan Mahyeldi, usai pelaksanaan ujicoba ruas Jalan Nasional Lembah Anai bersama Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Sumbar, Thabrani dan Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Dwi Nur Setiawan.

Mahyeldi menyebutkan, progres jalur tersebut secara keseluruhan sudah mencapai 30,15 persen. Ditargetkan, pada 21 Juli nanti progees pengerjaan sudah menyentuh angka 40 persen.

Baca juga: Gubernur Lantik Hani Syopiar Rustam jadi Pjs Wali Kota Bukittinggi, Bertugas 2 Bulan

Dia mengakui, proses pengerjaan cukup menguras waktu dan tenaga, karena medan jalan yang cukup rumit dan dipenuhi bebatuan yang cukup keras.

"Meskipun secara bertahap sudah kita buka tanggal 21 Juli ini, tapi pekerjaannya tetap jalan. Oleh karena itu, warga yang akan melewati jalur ini kami minta tetap hati-hati dan bersabar dalam berkendaraan. Serta, tidak melaju dalam kecepatan tinggi," harap Mahyeldi.

Dia merincikan, sebanyak lima titik pada jalur tersebut akan diberlakukan sistem buka tutup, demi memastikan keamanan dan keselamatan warga yang berkendaraan.

"Jadi, ini sesuai dengan keinginan masyarakat, agar jalur ini segera bisa dilewati. Namun, tentu saja kita batasi dari segi jenis kendaraan yang melintas, serta kecepatan kendaraan juga kita batasi," ujarnya.

Baca juga: Mahyeldi Jalani Cuti Kampanye Pilkada, Fasilitas Dinas Diserahkan ke Plt Gubernur

Sementara, Kepala BPJN Sumbar, Thabrani mengatakan, terdapat 16 titik di ruas Jalan Nasional Lembah Anai yang rusak berat, karena bencana alam banjir bandang.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024