Puskesmas Birugo Dibangun dengan DAK sebesar Rp22 Miliar, Ini Kata Erman Safar

Selasa, 16 Juli 2024, 08:45 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Puskesmas Birugo Dibangun dengan DAK sebesar Rp22 Miliar, Ini Kata Erman Safar
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar letakan batu pertama pembangunan Puskesmas Birugo, Kecamatan Atir Birugo Tigo Baleh, Senin. (hamriadi)

BUKITTINGGI (15/7/2024) - Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar menyampaikan, pembangunan kesehatan merupakan perwujudan sehat sebagai hak asasi rakyat merupakan investasi bagi pembangunan nasional.

"Pemko Bukittinggi terus mengupayakannya secara maksimal, melakukan pendekatan kepada berbagai pihak terkait agar mendapatkan dukungan dana untuk pembangunan, terutama di bidang kesehatan," ujar Erman Safar pada peletakan batu pertama pembangunan Puskesmas Birugo, Kecamatan Atir Birugo Tigo Baleh, Senin.

Dengan keterbatasan APBD Bukittinggi, kata dia, tahun anggaran 2024 ini, Pemko Bukittinggi mendapatkan alokasi sebesar Rp22 miliar lebih yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang Kesehatan.

Hal ini, ujar Erman, tak lepas dari dukungan penuh dari Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI, Andre Rosiade dan Ade Rizki Pratama, Bukittinggi mendapatkan DAK tahun 2024, yang diusulkan pada 2023.

Baca juga: 280 Penyandang Disabilitas Bukittinggi Dibantu Paket Sembako

"Dana tersebut, digunakan untuk membangun Puskesmas Birugo, yang lahannya telah dibeli pada tahun 2020 lalu," paparnya.

Kepala Dinas Kesehatan Bukittinggi, Linda Faroza menjelaskan, Pemerintah Kota Bukittinggi melalui dana DAK Bidang Kesehatan Tahun 2024 akan melakukan pembangunan Puskesmas Birugo sebagai upaya untuk lebih meningkatkan akses masyarakat terhadap Puskesmas.

Puskesmas Birugo ini, didirikan di atas lahan sekitar 876 meter persegei dengan alokasi anggaran Rp5,4 Miliar dengan jadwal pembangunan sampai dengan Desember 2024.

Dengan dibangunnya Puskesmas Birugo, Bukittinggi akan memiliki 8 Puskesmas.

Baca juga: Bukittinggi Gelar HKG PKK Tahun 2024, Ini Pesan Wali Kota

Puskesmas yang ada di kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh saat ini 1 Puskesmas yaitu Puskesmas Tigo Baleh yang mencakup 8 wilayah kelurahan (kelurahan Belakang Balok, Sapiran, Birugo, Aur Kuning, Pakan Labuah,Kubu Tanjung, Ladang Cakiah dan Parit Antang). Dan akan bertambah 1 puskesmas Birugo.

Halaman:

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: