Agam Lakukan Persiapan Penginputan Data IPKD, Ini Tujuannya

Sabtu, 13 Juli 2024, 11:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Agam Lakukan Persiapan Penginputan Data IPKD, Ini Tujuannya
Kepala Bappeda Agam, Rahmad Lasmono saat memberikan arahan pada rapat pengunggahan data Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD), Jumat. (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

AGAM (12/7/2024) -- Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Rahmad Lasmono menjelaskan, penginputan data Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD), bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah.

Selain itu, salah satu upaya pemerintah daerah dalam memenuhi amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri No 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD).

"Dengan penginputan data IPKD yang tepat waktu dan akurat, kita dapat memantau dan mengevaluasi kinerja pengelolaan keuangan daerah secara lebih efektif," ujar Rahmad saat membuka rapat, Jumat.

Kegiatan penginputan data ini melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berdasarkan dimensi yang menjadi kewenangannya di Kabupaten Agam, yang bekerjasama untuk mengumpulkan dan memverifikasi data keuangan.

Baca juga: Bupati Agam Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan 54 Pengurus Bamus Nagari

Data yang diinput mencakup berbagai aspek, mulai dari perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, hingga pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan.

Menurut Rahmad, penginputan data IPKD ini juga bertujuan untuk meningkatkan nilai IPKD Kabupaten Agam di tingkat nasional.

"Kami berharap dengan penginputan data yang lebih baik, nilai IPKD Agam akan meningkat, sehingga memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah," tambahnya.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi aparatur pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan.

Baca juga: Bupati Agam Bersama Grup Tarak Tacin Meriahkan Reuni Gadang 2024 IASMA Landbouw

"Melalui pelatihan dan pendampingan yang telah dilakukan sebelumnya, kami yakin para aparatur akan lebih siap dan mampu mengelola data keuangan dengan lebih baik," jelasnya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: