BPBD Ingatkan KPU Agam Soal PSU DPD di Lokasi Bencana; 100 Meter dari DAS harus Steril dari Aktivitas

Selasa, 25 Juni 2024, 22:05 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
BPBD Ingatkan KPU Agam Soal PSU DPD di Lokasi Bencana; 100 Meter dari DAS harus Steril...
Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih (Sosdiklih) dan SDM KPU Agam, Zainal Abadi memberikan sambutan pada Rakor PSU DPD Tahun 2024 Provinsi Sumbar di Lubuk Basung, Selasa. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

AGAM (25/6/2024) - Pemungutan Suara Ulang (PSU) anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Dapil Sumatera Barat di Kabupaten Agam, akan diikuti 388.000 pemilih.

"Jumlah pemilih ini akan divalidasi kembali, karena jumlahnya bisa jadi berubah dibanding data yang dipakai pada pencoblosan tanggal 14 Februari 2024 lalu," ungkap Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih (Sosdiklih) dan SDM KPU Agam, Zainal Abadi.

Hal itu dikatakan Zainal Abadi, saat jadi pembicara pada kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) PSU DPD Dapil Sumatera Barat di Lubuk Basung, Selasa. Pencoblosan PSU DPD ini akan digelar 13 Juli 2024.

Pihak terundang, Bupati Agam diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Rahman, unsur Forkopimda, Kemenag, OPD terkait, Bawaslu dan insan pers.

Baca juga: Pimpinan Sementara DPRD Mentawai Konsultasikan Hak dan Kewenangan dengan Sekretaris DPRD Sumbar

Rakor ini merupakan tindaklanjut dari keputusan MK No: 03-03/PHPU-DPDD/XXII/2024 tentang pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Daerah masa bakti 2024-2029.

"Merujuk Keputusan MK itu, KPU diperintahkan untuk melaksanakan PSU pemilihan anggota DPD Sumatera Barat dengan jumlah peserta sebanyak 16 orang. Sebelumnya hanya 15 orang calon," ungkap Zainal.

Selain itu, Zainal menyebut, logistik PSU akan didistribusikan 1 hari sebelum tanggal pencoblosan PSU, tanggal 13 Juli 2024.

"Usai pencoblosan, dilanjutkan langsung dengan penghitungan suara secara berjenjang sampai penetapan hasil perolehan suara secara nasional nantinya," ungkap Zainal Abadi.

Baca juga: Dirwansyah jadi Ketua Sementara DPRD Pasbar 2024-2029

"Dengan adanya agenda besar tersebut, KPU minta dukungan Pemda dan pihak-pihak terkait," ungkap Zainal.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024