Jefri Hariyanto Pimpin Coklit Perdana ke Rumah Ketua KPU Padang 2019-2024

Selasa, 25 Juni 2024, 10:13 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Jefri Hariyanto Pimpin Coklit Perdana ke Rumah Ketua KPU Padang 2019-2024
Petugas Pantarlih TPS 03 Kelurahan Banda Buek, Kecamatan Lubuk Kilangan, Annisa Asyura memasangkan stiker tanda telah selesai di-coklit, di kediaman Ketua KPU Padang periode 2019-2024, Riki Eka Putra disaksikan Anggota KPU Jefri Hariyanto, Senin sore.

PADANG (24/6/2024) - Ketua KPU Padang periode 2019-2024, Riki Eka Putra jadi salah seorang sasaran perdana pemutakhiran data pemilih Pilkada nasional serentak 2024 oleh KPU Padang.

Pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih pada Senin sore itu, dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk TPS 03 di Jl Ampera RT 01 RW 01 Kelurahan Banda Buek, Kecamatan Lubuk Kilangan, Annisa Asyura.

"Di TPS 03 ini, tercatat 551 orang pemilih yang akan dimutakhirkan datanya. Keluarga Pak Riki adalah salah satunya," ungkap Annisa Asyura disela kegiatan Coklit.

Hadir dalam kegiatan Coklit itu, Ketua Divisi Hukum KPU Padang, Jefri Hariyanto beserta tim sekretariat KPU Padang, Indra Jaya, Dika, Deky Syukma Indra dan Sandhie Nursyafrie Berry. Juga hadir PPK Kecamatan Lubuk Kilangan dan PPS Kelurahan Banda Buek.

Kegiatan yang telah menggunakan sistem e-Coklit ini, juga dipantau langsung PKD Kelurahan Banda Buek Bawaslu Padang, Eko Yuendi.

Adapun e-coklit adalah sistem aplikasi berbasis elektronik yang digunakan KPU untuk melaksanakan proses pencocokan dan penelitian atau kegiatan pemutakhiran data Pemilih, yang dapat diakses pada https://ecoklit.kpu.go.id/.

E-coklit merupakan bagian dari upaya KPU dalam mendapatkan data Pemilih yang valid untuk penyelenggaraan Pemilu maupun Pilkada.

"Dengan e-coklit ini, kinerja petugas Pantarlih jadi bisa terpantau secara baik dan presisi. Ini tentunya akan berimbas pada makin berkualitasnya data pemilih Pilkada nanti," nilai Riki usai pendataan.

Sementara itu, Jefri Hariyanto mengungkapkan, sepanjang Senin pagi hingga sore, terdapat 4 kegiatan yang berkaitan dengan keberadaan Pantarlih ini. Pertama itu, diawali dengan apel siaga pada Senin pagi di kantor kelurahan masing-masing.

Kemudian, pelantikan Pantarlih yang dilakukan oleh PPS di 104 kelurahan yang ada di Kota Padang. Usai pelantikan, langsung digelar bimbingan teknis (Bimtek) Coklit yang digelar PPS bersama PPK.

"Sore harinya usai Bimtek, Pantarlih langsung melakukan pendataan yang diawali dengan pendataan tokoh masyarakat," ungkap Jefri.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: