BKSDA Sumbar Diharapkan Kaji Pemicu Banjir Sungai Ngarai Sianok, Marfendi: Terjadi Tanpa Ada Hujan

Jumat, 07 Juni 2024, 10:45 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
BKSDA Sumbar Diharapkan Kaji Pemicu Banjir Sungai Ngarai Sianok, Marfendi: Terjadi Tanpa...
Wawako Bukittinggi, Marfendi didampingi Kepala Damkar dan Camat Guguk Panjang, meninjau warga terdampak banjir Sungai Ngarai Sianok, Senin. (humas)

BUKITTINGGI (3/6/2024) - Wawako Bukittinggi, Marfendi didampingi Kepala Damkar dan Camat Guguak Panjang, kunjungi lokasi banjir Sungai Ngarai Sianok yang disebabkan jebolnya salah satu sumbatan di hulu.

"Kami akan meminta kajian Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Jika dari pemerintah provinsi tidak ada solusi, kami akan minta ke pusat," kata Marfendi, Senin (3/6/2024).

Dikatakan Marfendi, banjir ini terjadi tanpa adanya hujan. tiba-tiba saja. Nantinya, BKSDA kami minta bekerjasama mengecek titik aliran yang jebol.

"Normalisasi sungai diperlukan, agar kejadian tidak berulang," kata Marfendi.

Baca juga: Cari Pemicu Banjir, Gubernur Sumbar Bawa Wawako Bukittinggi Susuri Sungai di Lambah Ngarai Sianok

Pemko Bukittinggi memastikan, tidak ada korban jiwa yang timbul dari kejadian yang mirip dengan musibah banjir bandang di Kabupaten Agam.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa karena di kejadian serupa pada akhir April lalu sudah dilarang adanya aktivitas jual beli di bibir sungai," kata dia.

"Karena ini sudah kejadian ketiga yang memang lebih besar dampaknya saat ini, warga sudah diminta waspada dengan sebagian mengungsi ke rumah kerabatnya di daerah aman," katanya.

Sementara, Camat Guguk Panjang, Yelrizon, menambahkan terdata tujuh rumah mengalami rusak berat dengan 14 Kepala Keluarga (KK) ikut terdampak.

Baca juga: Marfendi Minta Publik Tak Berspekulasi Soal Poster "OTW Baliak"

"Ada tujuh rumah yang rusak, puluhan orang mengungsi ke rumah saudaranya. Proses rekonstruksi disegerakan. Sungai Ngarai Sianok di bawah pengawasan Pemprov Sumbar," kata Yelrizon.

Halaman:

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: