Bapenda Agam Canangkan Efesiensi dan Transparansi untuk Capai Target PAD

Kamis, 06 Juni 2024, 05:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Bapenda Agam Canangkan Efesiensi dan Transparansi untuk Capai Target PAD
Kepala Bapenda Agam, Endrimelson bersama staf, lakukan pembahasan optimalisasi pencapaian target pendapatan asli daerah (PAD), Rabu. (humas)

AGAM (5/6/2024) - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) rancang peningkatan efisiensi dan transparansi sistem pajak daerah.

Bapenda juga mengimplementasikan penggunaan teknologi informasi seperti aplikasi Lapak Agam, SmartGov dan Tax Survey untuk komputerisasi sistem pajak daerah.

"Langkah ini bertujuan untuk mempercepat dan mempermudah proses pembayaran pajak bagi masyarakat," ungkap Kepala Bapenda Agam, Endrimelson, Rabu.

Selain itu, terang dia, Bapenda juga fokus pada penggalian potensi pendapatan baru. Upaya ini dilakukan melalui pendataan PBB-P2 dan penetapan Zona Nilai Tanah (ZNT).

Baca juga: Optimalkan Penerimaan Pajak, Bapenda Padang Bentuk 2 Tim Khusus

Kemudian, melakukan kerjasama dengan instansi vertikal untuk Pajak Barang Jasa Tertentu (PBJT), serta reclas untuk objek tertentu.

"Dengan cara ini, Bapenda berharap dapat meningkatkan basis pendapatan daerah secara signifikan," ungkap Endrimelson.

Kerjasama antar lembaga juga jadi perhatian utama Bapenda, terang dia, bertujuan untuk memastikan bahwa setiap potensi pendapatan daerah dapat termonitor dan terealisasi dengan optimal.

"Dengan menjalin kerjasama itu, Bapenda berharap setiap celah pendapatan dapat digali dan dimanfaatkan secara maksimal," urai dia.

Baca juga: Kota Padang Berlakukan Perda PDRD, Ini Jenis Retribusi yang Dihapus

Tidak kalah penting, Bapenda terus melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kepatuhan dalam membayar pajak.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: