Buku Biografi Masfar Rasyid Diluncurkan, Supardi: Sosok Aktivis PII yang Pemikirannya Layak jadi Teladan

Minggu, 02 Juni 2024, 17:15 WIB | Gaya Hidup | Kota Bukittinggi
Buku Biografi Masfar Rasyid Diluncurkan, Supardi: Sosok Aktivis PII yang Pemikirannya...
Ketua DPRD Sumbar, Supardi didampingi Mahyeldi (gubernur Sumbar) dan jajaran, foto bersama dengan tokoh senior PII, Masfar Rasyid (pakai tongkat) saat peluncuran buku biografinya di Bukittinggi, Ahad. (humas)

"Hal ini dapat kita cermati ketika dampak peristiwa PRRI dimana banyak masyarakat menganti nama anak dengan nama-nama dari Jawa, karena rasa malu dan takut perkembangan anak tidak dapat kerja nantinya," ungkapnya.

"Termasuk nama saya, Supardi yang dianggap sebagian masyarakat, saya dianggap orang Jawa," terang Supardi.

Kata Supardi, timbangan kekuasaan orde lama dan orde baru serta reformasi hari ini amat berpengaruh akan tumbuhnya tokoh-tokoh pemimpin yang berjiwa negarwan dari Sumatera Barat.

Baca juga: Supardi Kunjungi Booth Paviliun Sumbar di Aren PEJ 2024

Supardi kemudian mengisahkan saat dirinya masih aktivis organisasi buruh, pimpinan Muchtar Pakpahan, tokoh gerakan buruh Indonesia yang mendirikan Serikat Buruh Independen pertama di Indonesia.

"Saat demo, saya ikut terpanggil hingga puncaknya di Medan. Suasana saat itu, organisasi buruh masuk daftar organisasi yang tidak diakui pemerintah pusat. Kami dicari dan dikejar aparat dalam perjuangan itu," kenangnya.

Menurut Supardi, lahirnya pemimpin negarawan itu tidak serta merta karena menjabat ataupun tumbuh dari kalangan yang berkuasa.

Akan tetapi, mereka tumbuh besar dalam gerakan dan pemikiran untuk mendahulukan kepentingan rakyat dan kemajuan pembangunan daerah dan nasional.

"Kita berharap, akan terus lahir dan tumbuh disetiap generasi pemimpin-pemimpin yang berjiwa negarawan dari Ranah Minang kedepannya."

"Kelahiran pemimpin yang berjiwa negarawan ditandai dengan prestasi kemajuan pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang dipimpinnya."

"Semoga, Sumbar dan kabupaten kota terus maju dengan pemimpinnya dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat," harap Supardi. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: