PEMKAB PESSEL Angkat 2.453 orang Tenaga Honorer jadi ASN

Jumat, 31 Mei 2024, 10:10 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
PEMKAB PESSEL Angkat 2.453 orang Tenaga Honorer jadi ASN
Kantor Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat. FOTO: tusrisep

PESISIR SELATAN (31/5/2024) - Pemkab Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, mengangkat 2.453 orang tenaga honorer menjadi ASN (PPPK), sepanjangtahun 2022 - 2023.

Sebagian besar honorer yang diangkat jadi ASN tersebut, merupakan tenaga di Bidang Pendidikan, dan tenaga Bidang Kesehatan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Pessel, Yozki Wandri, mengatakan, besarnya jumlah honorer yang diangkat ASN tersebut, merupakan komitmen dari Bupati Rusma Yul Anwar, untuk memenuhi kebutuhan ASN di ke dua sektor tadi.

"Bupati sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian, berwenang mengangkat, memindahkan dan memberhentikan ASN," ucap Yozki, dalam relis Diskominfo Pessel, Jumat (31/5/2024).

Baca juga: 50 Kader Posyandu Binjai Tapan Ikuti Penyuluhan Cegah Stunting

Dia menjelaskan, Kewenangan Bupati sebagai PPK, sesuai dengan UU Nomor 20 Tahun 2023, tentang Aparatur Sipil Negara.

"Artinya, dalam menjalankan kewenangan ini, tentu sangat ditentukan oleh prioritas pembangunan daerah. Apalagi, rekrutmen ASN dalam jumlah besar, jelas ada resiko," ujarnya.

Salah satu resikonya, akan menyedot sebagian APBD, yang mestinya dapat dimanfaatkan untuk pembangunan fisik.

"Namun ini adalah pilihan dari Kepala Daerah (Bupati), untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendidik dan kesehatan," ujar Yozki.

Baca juga: RUSMA YUL ANWAR: Tidak Ada Tempat untuk LGBT di Pessel

Dia menambahkan, konsistensi pengangkatan Honorer jadi ASN (PPPK), dapat dilihat selama 2 tahun berturut - turut. Yakni: Tahun 2022 diangkat sebanyak 1.262 formasi, dan Tahun 2023 sebanyak 1.191 formasi.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: