Warga Terdampak Banjir Pessel Terima 1.400 Paket Sembako Bantuan PDRP, Ini Pesan Mahyeldi

Rabu, 29 Mei 2024, 08:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
Warga Terdampak Banjir Pessel Terima 1.400 Paket Sembako Bantuan PDRP, Ini Pesan Mahyeldi
Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyerahkan bantuan PDRP berupa sembako pada warga terdampak banjir di Nagari Gurun Panjang Utara, Kecamatan Bayang, Pessel, Selasa. (humas)

PESSEL (28/5/2024) - Sebanyak 1.400 paket Sembako, disalurkan untuk warga di tiga nagari di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) yang dilanda banjir tanggal 7-8 Maret 2024.

"Bantuan ini melalui program Penanganan Daerah Rawan Pangan (PDRP) pada Dinas Pangan Provinsi Sumbar," ungkap Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi saat menyerahkan bantuan di Nagari Gurun Panjang Utara, Kecamatan Bayang, Selasa.

Bencana banjir yang terjadi awal Maret lalu, terang dia, jadi alasan kuat penyaluran bantuan ini. Harapannya, dapat meringankan beban masyarakat yang tertimpa bencana secara berkelanjutan

Selain Gurun Panjang Utara, Pemprov Sumbar juga menyalurkan bantuan serupa ke Nagari Gurun Panjang Barat Kecamatan Bayang dan Nagari Rantau Simalenang, Air Haji, Kecamatan Linggo Sari Baganti.

Baca juga: Gubernur Sumbar Inginkan Rumah Siti Nurbaya di Studio Alam TVRI Direvitalisasi, Ini Alasannya

Total bantuan yang disalurkan berupa 1.400 paket sembako yang terdiri dari beras, telur, gula pasir, dan kebutuhan pokok lainnya.

"Sebelumnya, untuk Kabupaten Pesisir Selatan, setelah kejadian bencana Maret lalu kita sudah menyalurkan sekitar 400 ton beras yang bersumber dari beras cadangan pangan Sumbar serta bantuan dari Badan Pangan Nasional (Bapanas)."

"Selain itu, kita juga salurkan bantuan logistik dari Dinas Sosial dan BPBD, serta dari sumbangan ASN Pemprov Sumbar," ujarnya.

Mahyeldi mengucapkan terima kasih atas kesigapan berbagai pihak selama masa tanggap darurat bencana banjir di Pessel pada Maret lalu, hingga sampai pada masa transisi pascabencana.

Baca juga: Musfi Yendra Terbitkan Buku Kelima, Nurani Filantropis, Akan Diluncurkan Gubernur Sumbar

Termasuk di antaranya respons cepat Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) dalam memperbaiki akses jalan nasional yang sempat terputus di Pessel.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: