PILKADA 2024, Afriki Musmaidi: Bawaslu Itu Pejuang Demokrasi, Jangan Segan dalam Bertindak

Jumat, 24 Mei 2024, 22:25 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
PILKADA 2024, Afriki Musmaidi: Bawaslu Itu Pejuang Demokrasi, Jangan Segan dalam Bertindak
Bawaslu Pessel melantik 45 orang anggota Panwascam, yang akan bertugas di 15 Kecamatan di daerah tersebut. FOTO: tusrisep

PESISIR SELATAN(24/5/2024) - Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat menginstruksikan kepada jajaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di daerahnya, supaya tegas dalam bertindak, khususnya terhadap temuan pelanggaran di lapangan.

"Dalam bekerja (di lapangan), jangan ragu - ragu dalam bertindak. Sepanjang itu jelas melanggar aturan, sesuai juklak & juknis kerja, tindak saja. Jadi,tidak ada lagi segan - segan, siapa saja yangberbuat tidak sesuai dengan perundangan, sanksi dan tindak," ucap Ketua Bawaslu Pessel, Afriki Musmaidi, saat Acara Pelantikan dan Bimbingan Teknis Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Pesisir Selatan dalam Pilkada 2024, di Painan, Jumat.

Sikap tegas ini, sebutnya, dikarenakan kinerja pengawasan di pileg kemarin, masih dinilai lemah dan kurang tegas.

Menyikapi ini, di Pilkada 2024, Bawaslu bersama jajaran pengawasan di bawahnya, akan lebih meningkatkan kinerja pengawasan, dan lebih tegas dalam bersikap serta bertindak.

"Kita buktikan ke masyarakat, kalau kita adalah Pejuang Demokrasi. Siap mengawasi, semua kemungkinan kecurangan. Serta, bakal bertindak tegas, terhadap semua temuan pelanggaran diPilkada 2024," ujar Afriki Musmaidi.

45 Orang Panwascam Dilantik

Syafrizal, Divisi SDM, Organisasi, Pendidikan, dan Pelatihan Bawaslu Pessel mengatakan, pihaknyamelantik 45 orang anggota Panwascam.

Mereka bertugas, mengawasi jalannya agenda pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah, di 15 Kecamatan di daerah tersebut.

"Dari 45 orang tadi,Panwascam pileg 2024 (exciting) yang lolos seleksi ulang sebanyak 31 orang, dan 14 orang panwascam baru (lolos seleksi penerimaan). Dengan penempatannya: 3 orang di masing - masing kecamatan," ujarnya.

Syauqi Fuadi, Divisi Penanganan Pelanggaran, Data, dan Informasi, menambahkan, tidak ada lagi waktu euforia bagi para anggota Panwascam terpilih.

"Karena, kerja sudah menunggu di lapangan.Jangan sampai disibukkan oleh persoalan internal, jaga kekompakan, karena Pilkada tinggal beberapa bulan lagi," ujarnya.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: